Pilihan

Relawan Ganjar-Mahfud Dianiaya, TPN: 1 Meninggal Dunia, 4 Luka Berat - Tempo

Relawan Ganjar-Mahfud Dianiaya, TPN: 1 Meninggal Dunia, 4 Luka Berat

Reporter

Sabtu, 30 Desember 2023 21:36 WIB

  • Deputi Bidang Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo- Mahfud Md., Todung Mulya Lubis (ketiga dari kiri) merespons pernyataan Bagikan

  • image social
  • image social
  • image social
  • image social
Iklan

TEMPO.COJakarta - Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo - Mahfud Md atau TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menyatakan  satu orang relawan meninggal dunia dan empat orang mengalami luka berat akibat aksi penganiayaan yang terjadi di Boyolali pada hari ini, Sabtu, 30 Desember 2023. 

Iklan

"Kami mendapatkan laporan dari Klaten dan Boyolali, ini laporan dan tindak kekerasan yang sangat tidak bisa diterima. Satu meninggal dunia dan empat orang mengalami luka-luka berat," kata Todung di Djakarta Teater, Jakarta.

Baca Juga:

Todung mengatakan satu orang relawan yang meninggal dunia berasal dari Klaten. Relawan itu, menurut dia, mengalami aksi kekerasan yang dilakukan oleh relawan dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden lainnya. 

Whats-App-Image-2023-12-26-at-14-37-05

"Yang meninggal dunia ini adalah relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang diduga mengalami kekerasan dan brutalitas oleh oknum pasangan calon yang lain," ujarnya.

4 korban luka-luka dianiaya anggota TNI

Sementara empat korban yang luka-luka, menurut Todung, mengalami penganiayaan oleh sejumlah anggota TNI. Dia pun  mendesak Panglima TNI untuk segera mengambil tindakan.

Baca Juga:

"Kalau itu benar kami ingin minta ke Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas dan mempertanggungjawabkan secara hukum mereka yang melakukan tindakan kekerasan ini," kata Todung.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Todung, aksi kekerasan tersebut tidak dapat dibenarkan. Pasalnya, menurut dia, rakyat menginginkan pemilihan umum (Pemilu) yang damai, tertib, dan sesuai aturan. Dengan demikian, semua tindakan kekerasan yang dilakukan itu jelas melanggar hukum.

"Itu tidak bisa kita terima dan kita akan memproses ini secara hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Brutalitas ini membahayakan, kekerasan ini membahayakan pemilu kita karena ini menimbulkan iklim ketakutan dan kita tidak boleh membiarkan ini," ucapnya.

Minta polisi dan TNI lakukan investigasi

Todung pun meminta agar semua kontestan Pemilu 2024 hukum dan aturan yang berlaku. Todung juga menegaskan pihaknya meminta investigasi lebih lanjut dari Kepolisian dan TNI.

"Kami ingin minta investigasi kepada Kepolisian dan TNI, karena kami sangat prihatin dan sangat sedih dan tidak bisa membayangkan. Apakah kita akan punya pemilu dan pilpres yang damai kalau keadaan semacam ini terus berlanjut apalagi bereskalasi? Jadi ini tidak bisa dibiarkan," kata Todung.

Selain pasangan Ganjar-Mahfud, Pilpres 2024 akan diikuti oleh dua pasangan lainnya. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Berita Selanjutnya

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Sebulan Berkampanye, Ganjar-Mahfud Disebut Sudah Kunjungi 178 Titik

1 jam lalu

Ketua TPN Arsjad Rasjid memberikan sambutan saat Forum Lintas Pendiri Demorat Kader (FKLPDK) membacakan komitmen peryataan mendukung pasangan Ganjar-Mahfud di Cawang, Jakarta Timur, Selasa, 28 November 2023. Dalam pernyataanya FKLPDK kini resmi mendukung pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud yang sebelumnya telah mendeklarasikan memberi dukungan kepada Prabowo pada September lalu. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Ganjar-Mahfud diklaim ungguli pasangan lainnya dalam hal berkampanye ke seluruh Indonesia.

Kaleidoskop 2023: Prabowo Nyapres Ketiga Kalinya, 2 Kali Kalah dari Joko Widodo Kini Gandeng Anak Jokowi

4 jam lalu

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan paparan dihadapan ribuan orang kepala desa dan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, 23 November 2023. Prabowo Subianto bersama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, menghadiri Rakerda Apdesi Jawa Barat yang dihadiri sekitar 5.000 orang kepala desa dan pengurus pemerintah desa. TEMPO/Prima Mulia

Pada 2023, Prabowo Subianto ketiga kalinya aju sebagai capres. Dua kali sebelumnya kalah dari Joko Widodo, sekarang gandeng anak Jokowi.

TPN Ganjar-Mahfud Usul Pembagian Bansos Ditunda Usai Pilpres, Ekonom Jelaskan Dampak Plus Minus

4 jam lalu

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo bermain dengan siswa di Sanggar Inklusi Tunas Bangsa, Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa, 26 Desember 2023. Selain menyerap aspirasi dari pengurus sanggar dan melihat fasilitas pendidikan, Ganjar meminta orang tua anak berkebutuhan khusus membawa anaknya ke sekolah inklusi untuk mengakomodir pendidikan agar bisa lebih mandiri dan mendapatkan kesetaraan. TPN Ganjar-Mahfud

Ekonom CORE Yusuf Rendy Manilet buka suara soal usulan TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md. untuk menunda pembagian bansos sampai Pilpres 2024 selesai.

Jokowi Temui Para Kepala Desa di Istana, TPN Ganjar-Mahfud Wanti-Wanti Soal Netralitas

7 jam lalu

Rombongan dari Aliansi Lintas Asosiasi Kepala Desa usai menemui Presiden Joko Widodo di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 29 Desember 2023. Pertemuan gabungan kelompok kepala desa dari Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI), Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), dan Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur dengan Jokowi tersebut membahas Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, yang salah satunya membahas perpanjangan masa jabatan kepala desa.  TEMPO/Subekti.

TPN Ganjar-Mahfud menyatakan tak bisa menyalahkan persepsi masyarakat soal pertemuan Jokowi dengan para kepala desa di Istana Negara.

Siap Hadapi Debat Capres, Ganjar Pranowo Singgung Soal Pesawat Bekas

8 jam lalu

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), Calon Presiden noor urut 2 Prabowo Subianto (tengah) dan Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) saat debat perdana di KPU RI, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. TEMPO/Febri Angga Palguna

Ganjar Pranowo menyinggung soal pesawat bekas saat berbicara soal kesiapannya menghadapi debat capres pekan depan.

Tim Ganjar-Mahfud MD Minta Bansos Dibagikan Usai Pemilu, Begini Respons Timnas AMIN

8 jam lalu

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tengah mengantri bantuan sosial (bansos) pangan di Kantor Pos Tanjung Priok, Jakarta, Selasa 19 September 2023. Sebanyak 1415 bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kg disalurkan untuk kelurahan Tanjung Priok. Penyaluran bansos beras itu dilakukan selama tiga bulan berturut-turut dan setiap KPM akan menerima 30 kg beras. Tempo/Tony Hartawan

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, mengusulkan agar pemberian bansos dilakukan usai pemilu. Bagaimana resposn Timnas AMIN?

Ganjar Pranowo Minta Komisi II DPR Panggil KPU untuk Klarifikasi Soal Surat Suara yang Dikirim Tak Sesuai Jadwal

8 jam lalu

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memaparkan pesan saat menghadiri acara launching program KTP Sakti di Bangsalan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat, 30 Desember 2023. Pada acara, Ganjar meengenalkan program KTP Saktisebagai akses  pendataan seperti kesehatan, pendidikan, hingga bantuan sosial, hal tersebut dianggap mempermudah dan tepat sasaran. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Ganjar Pranowo merasa aneh jika KPU melakukan kelalai dalam pengiriman surat suara ke pemilih di Taipei.

Jokowi Ingatkan KPU Agar Berhati-hati Jalankan Tugas: Keteledoran Bisa Berimplikasi Politis

9 jam lalu

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan di Jakarta, Sabtu 30 Desember 2023. ANTARA/Andi Firdaus

Jokowi mewanti-wanti agar para penyelenggara Pemilu 2024 atau Komisi Pemilihan Umum (KPU) berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

Gibran Temui Tokoh Lintas Agama di NTT: Semuanya Mengharapkan Pemerataan Pembangunan

10 jam lalu

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka pada debat perdana calon wakil presiden untuk pemilu 2024 di Jakarta Conventiom Center (JCC), Jakarta, 22 Desember 2023. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Gibran menjelaskan bahwa tokoh lintas agama menginginkan pemerataan pembangunan apabila ia dan Prabowo terpilih dalam Pilpres 2024.

Kunjungi Pasar di Boyolali, Ganjar Janjikan Bantuan Modal bagi Pedagang Kecil Lewat Perbankan

13 jam lalu

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menyapa warga di Pasar Kebon Agung, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 30 Desember 2023. ANTARA/Farhan Arda Nugraha

Ganjar berjanji bakal menyiapkan bantuan modal usaha untuk pedagang kecil lewat perbankan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek