Pilihan

Rusia Ancam Korsel: Jangan Kaget dengan Pembalasan Kami! - inews

 

Rusia Ancam Korsel: Jangan Kaget dengan Pembalasan Kami! Rusia mewanti-wanti Korsel untuk tidak kaget dengan pembalasan dari negaranya (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia mewanti-wanti Korea Selatan (Korsel) untuk tidak kaget dengan pembalasan dari negaranya. Sebelumnya Korsel menambah jumlah barang yang masuk dalam daftar larangan ekspor ke Rusia. 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova mengatakan, keputusan Korsel itu sangat tidak bersahabat seraya menuduhnya sebagai pesanan Amerika Serikat (AS).

“Ini adalah tindakan tidak bersahabat yang diambil atas perintah Washington. Ini akan merugikan perekonomian dan industri Korea Selatan sendiri," kata Zakharova, dikutip dari Reuters, Rabu (27/12/2023).

Dia menegaskan, pemerintah Rusia segera merespons keputusan itu dan mengingatkan Korsel untuk tidak terjekut.

“Kami berhak mengambil tindakan sebagai respons serta tidak harus mengambil tindakan yang simetris. Mereka tidak perlu terkejut,” ujarnya.

Pemerintah Korsel pada Minggu (24/12/2023) mengumumkan penambahan lebih dari 600 barang yang masuk daftar larangan ekspor ke Rusia. Alasannya barang-barang itu berpotensi digunakan untuk keperluan militer.

Masuk dalam daftar peralatan konstruksi berat, baterai isi ulang, komponen penerbangan, serta beberapa merek mobil.

Rusia dihujani sanksi bertubi-tubi dari negara-negara Barat sejak menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Sebenarnya sanksi sudah dijatuhkan sejak negara itu mencaplok Krimea dari Ukraina pada 2014. Rusai membalas dengan membatasi dan menghentikan ekspor energi ke negara-negara yang dianggapnya musuh, termasuk Eropa dan AS.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek