Pilihan

Sempat Jatuh Digunakan Lion Air, Ini Rute Internasional Terpanjang Boeing 737 MAX - Beritasatu

Sempat Jatuh Digunakan Lion Air, Ini Rute Internasional Terpanjang Boeing 737 MAX

Senin, 30 Oktober 2023 | 06:05 WIB
Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo | Editor: WBP
Ilustrasi maskapai penerbangan di bandara AS.
Ilustrasi maskapai penerbangan di bandara AS. (Simpleflying.com)

Orlando, Beritasatu.com - Pesawat Boeing 737 generasi terbaru, varian MAX merupakan salah satu pesawat berbadan sempit tersukses di dunia. Meski sempat ada masalah pada 2019, tetapi kini sudah teratasi sehingga kepercayaan pulih. Sejumlah insiden yang tercatat dalam sejarah adalah kejatuhan pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkalpinang serta Ethiopia Airlines. Kedua maskapai ini menggunakan Boeing 737 MAX.

ADVERTISEMENT

Dikutip dari Simpleflying, Minggu (29/10/2023), beberapa maskapai penerbangan di dunia telah mengoperasikan jenis pesawat tersebut. Beberapa maskapai juga banyak melakukan pesanan. Southwest Airlines, merupakan salah satu maskapai pesawat terbaru yang memesan MAX dalam jumlah banyak, yakni 108 pesawat.

Dengan jangkauan dan efisiensi bahan bakar, MAX banyak dipakai pada beberapa rute internasional berdurasi lebih 7 jam. Berdasarkan data Cirium, dua rute internasional terpanjang dari dan ke AS dengan pesawat MAX adalah milik maskapai Gol Linhas Aereas Inteligentes SA (Gol) asal Brasil.

ADVERTISEMENT

Gol satu-satunya maskapai penerbangan di Brasil yang menerbangkan pesawat Boeing 737 berbadan sempit untuk layanan penumpang.

Maskapai penerbangan Gol asal Brasil.
Maskapai penerbangan Gol asal Brasil.

Berikut daftar rute internasional terpanjang Boeing 737 MAX dari AS:

1. Rute dari Aeroporto Internacional de Brasilia ke Bandara Internasional Orlando, AS adalah rute terpanjang bulan ini, yaitu 6.778 mil atau 10.908 kilometer (km). Rute terpanjang kedua juga dari Brasilia dan ke Florida, Miami, AS. Keduanya menggunakan MAX Boeing 737 MAX 8. Penerbangan dari Brasilia ke Bandara Internasional Miami berjarak 3.598 mil. Gol adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang mengoperasikan dua rute tersebut.

2. Islandia Air mengoperasikan rute Orlando, AS dari Reykjavik dengan MAX 8 menempuh rute sejauh 3.534 mil setiap hari pada minggu ini.

BACA JUGA

3. Gol juga memiliki rute dari Miami AS ke timur laut Brasil di Kota Fortaleza. Penerbangan sejauh 3.458 mil ini dioperasikan hanya sekali seminggu.

4. MAX 9 pertama yang muncul dalam daftar ini adalah milik Copa Airlines, yang terbang dari Bandara Internasional Tocumen di Panama City ke Bandara Internasional San Francisco, AS setiap hari. Penerbangan antara Panama dan San Francisco menempuh jarak 3.320 mil.

5. Fiji Airways mengoperasikan lima pesawat MAX menghubungkan Nafi ke Honolulu dengan MAX 8 yang digunakan sekali seminggu untuk penerbangan sejauh 3.162 mil.

6. WestJet, maskapai penerbangan Kanada terbesar kedua, mengoperasikan rute dari Calgary ke Honolulu. Penerbangan sejauh 3.126 mil ini menggunakan MAX 8.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek