Pilihan

Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Banjir Bandang Tewas di Tepi Danau Toba - Beritasatu

Tim SAR Gabungan Temukan Satu Korban Banjir Bandang Tewas di Tepi Danau Toba


Sabtu, 2 Desember 2023 | 17:47 WIB
Penulis: Panji Satrio | Editor: DIN
Tim Basarnas gabungan pada Sabtu, 2 November 2023 siang, menemukan satu dari 12 korban banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.
Tim Basarnas gabungan pada Sabtu, 2 November 2023 siang, menemukan satu dari 12 korban banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. (Beritasatu.com/Panji Satrio)

Humbang Hasundutan, Beritasatu.com - Setelah 12 jam melakukan pencarian, Tim Basarnas gabungan pada Sabtu (2/11/2023) siang, menemukan satu dari 12 korban banjir bandang dan longsor yang terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Korban ditemukan di tepi Danau Toba dalam kondisi meninggal dunia.

ADVERTISEMENT

Korban banjir bandang dan longsor tersebut diketahui seorang wanita, yakni Lubis, warga Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja.

Dari video amatir warga yang diterima Beritasatu.com, tampak petugas SAR gabungan bersama polisi dibantu warga sekitar tengah melakukan upaya evakuasi terhadap korban. Petugas pun berhasil mengevaluasi korban ke daratan dan kemudian di bawa ke Puskesmas sekitar lokasi.

Menurut Sariman Sitorus Humas Basarnas Medan, korban ditemukan sekitar pukul 11.25 WIB dalam posisi tertelungkup di tepi Danau Toba dan berjarak 500 meter dari titik lokasi banjir bandang dan longsor tersebut.

ADVERTISEMENT

"Pada pukul 11.25 tadi tim SAR gabungan telah berhasil menemukan seorang korban yang dinyatakan hilang sejak tadi malam berinisial Lubis. Ditemukan berjarak 500 meter dari lokasi banjir bandang di tepi Danau Toba dan kondisinya meninggal dunia," kata Sariman, kepada Beritasatu.com, Sabtu (2/11/2023).

Kini tim Basarnas gabungan, TNI, Polri serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan serta dibantu dengan masyarakat sekitar lokasi masih melakukan pencarian terhadap sebelas orang lainnya yang sebelumnya dikabarkan hilang. Bahkan tim Basarnas telah menurunkan tim penyelam dari Pos SAR Danau Toba untuk melakukan pencarian korban hilang di Danau Toba.

BACA JUGA

"Pos SAR Danau Toba sedang menurunkan untuk melakukan penyelaman di sekitar Danau Toba dan menggunakan alat pendeteksi sonar untuk mendeteksi keberadaan korban," ucapnya.

Seusai ditemukan, jasad korban yang ditemukan saat ini telah dibawa ke puskesmas yang ada di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara yang nantinya akan diserahkan kepada pihak keluarga.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek