Tingkatkan Mood dengan Konsumsi 6 Jenis Buah Sehat yang Dipilih Ahli, Nomor Empat Pisang - Jawa Pos

Tingkatkan Mood dengan Konsumsi 6 Jenis Buah Sehat yang Dipilih Ahli, Nomor Empat Pisang

By Rabbany Wanadriani
jawapos.com
December 9, 2023
ilustrasi pisang. Sumber foto: Freepik
ilustrasi pisang. Sumber foto: Freepik

JawaPos.com - Perubahan suasana hati atau mood merupakan aspek umum dalam kehidupan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres, perubahan hormonal, dan gaya hidup.

Ketika seseorang merasa suasana hati sedang buruk, makanan justru bisa jadi salah satu penyelamat guna memperbaiki mood.

Salah satu makanan yang dapat dicoba yakni buah-buahan dengan kandungan tertentu, bisa memainkan peran penting dalam membantu menstabilkan suasana hati.

Penuh dengan nutrisi penting dan khasiat peningkat mood, menggabungkan buah-buahan ini untuk meningkatkan suasana hati, seperti dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Sabtu (9/12).

Lantas, buah apa saja yang bisa bantu meningkatkan mood seseorang? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Tomat

Tomat adalah buah kaya akan antioksidan yang disebut likopen, ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Selain itu, jika dimakan bersama kulitnya, tomat memberikan berbagai nutrisi seperti serat, vitamin K1, beta karoten, dan lainnya serta dapat meningkatkan energi, jaga kesehatan kulit, dan mata.

2. Buah beri

Buah beri, seperti blueberry, stroberi, dan raspberry tidak hanya enak tapi juga kaya antioksidan. Antioksidan membantu melawan stres oksidatif dalam tubuh, yang dikaitkan dengan gangguan mood,” jelas ahli gizi Avni Kaul.

“Tingginya kadar vitamin C dalam buah beri juga berkontribusi pada pembentukan dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan,” tambahnya.

3. Nanas

Nanas tidak hanya merupakan makanan tropis tetapi juga buah yang dapat mempengaruhi suasana hati. Nanas mengandung bromelain, enzim yang mungkin membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar serotonin.

“Rasa nanas yang manis dan tajam dapat menambah cita rasa lezat pada makanan dan camilan,” ungkap Kaul.

4. Pisang

Pisang bukan hanya camilan yang praktis dan mudah dibawa-bawa, tetapi juga buah yang meningkatkan suasana hati. Tingginya vitamin B6, pisang berperan penting dalam membentuk serotonin, neurotransmitter yang mengatur suasana hati,” kata Kaul.

Selain itu, pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang merupakan prekursor serotonin yang membantu meningkatkan rasa tenang dan relaksasi.

5. Jeruk

Jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, tidak hanya bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh tetapi juga berperan dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin.

Mengonsumsi jeruk dalam menu makanan dapat membantu meningkatkan mood dan memberikan semburan energi yang menyegarkan.

6. Lemon

Lemon kaya akan vitamin dan air keduanya diketahui dapat meningkatkan mood seseorang. Buah ini juga bisa meremajakan kulit seseorang dan memberikan tambahan energi instan jika diminum dengan air dan mint.

Meski makan buah merupakan hal yang baik, namun buah-buahan tertentu mungkin tidak cocok untuk penyakit tertentu. Lebih baik berkonsultasi dengan ahli gizi sebelum memutuskan untuk mengonsumsi buah apa pun ke dalam makanan harian.

Baca Juga

Komentar