Pilihan

TPN Ganjar-Mahfud Usul Debat Capres-Cawapres Digelar di Kampus - CNN Indonesia

TPN Ganjar-Mahfud Usul Debat Capres-Cawapres Digelar di Kampus

CNN Indonesia
Kamis, 07 Des 2023 04:00 WIB
TPN Ganjar-Mahfud usul debat capres cawapres digelar di kampus supaya dapat partisipasi aktif dari mahasiswa.
TPN Ganjar-Mahfud usul debat capres cawapres digelar di kampus supaya dapat partisipasi aktif dari mahasiswa. (Diolah dari dok. CNNIndonesia)
Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.
Jakarta, CNN Indonesia --

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusulkan debat calon presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) untuk Pilpres 2024 digelar di kampus dengan format town hall.

Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Aris Setiawan Yodi, mengatakan format tersebut bertujuan agar para mahasiswa berpartisipasi aktif dalam debat. Sebab, mahasiswa menjadi tonggak sejarah Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Format town hall itu ingin dilaksanakan di kampus. Ini agar ada partisipasi aktif mahasiswa karena mahasiswa ini kan sangat kritis dan republik ini terus berkembang dan mahasiswa terus menciptakan sejarah," kata Aris di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Rabu (6/12).

Aris menyebut gelaran debat capres-cawapres di kampus telah dilakukan oleh Amerika Serikat selama puluhan tahun. Selama ini, kata dia, para calon pemimpin di tanah air hanya menyampaikan gagasan di kampus, namun bukan debat.

"Kami sebenarnya dorong itu agar masyarakat semakin tercerdaskan, semakin tercerahkan begitu dengan gagasan-gagasan yang dibawa oleh capres cawapres ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Aris menyatakan Ganjar dan Mahfud siap mengikuti debat capres-cawapres pada Pilpres mendatang.

Terlebih, keduanya berkomitmen dalam pemberantasan korupsi sebagaimana tema dalam debat perdana yang digelar pada 12 Desember mendatang.

"Jadi memang kalau kita bicara tema pertama terkait dengan hukum, HAM dan pemerintahan, Pak Ganjar dan Pak Mahfud khususnya Pak Ganjar ini sudah sangat siap," ucap Aris.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyatakan debat akan digelar sebanyak lima kali, mengacu kepada Undang-undang Pemilu. Capres dan cawapres hadir di atas panggung dalam lima kali debat.

Namun, kata Hasyim, porsinya berbeda. Capres akan lebih banyak bicara pada tiga kali agenda debat. Sementara, cawapres akan lebih banyak di dua agenda debat.

Hasyim pun membeberkan pembagian porsi debat. Porsi debat capres akan lebih banyak pada agenda debat pertama, ketiga, dan kelima. Pada agenda debat kedua dan keempat akan lebih banyak sesi untuk cawapres.

Berikut jadwal dan tema debat capres cawapres mendatang. 

DEBAT I SELASA, 12 DESEMBER 2023

Tema: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi

DEBAT II JUMAT, 22 DESEMBER 2023

Tema: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional

DEBAT III MINGGU, 7 JANUARI 2024

Tema: Ekonomi (kerakyatan dan digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, serta Infrastruktur

DEBAT IV MINGGU, 21 JANUARI 2024

Tema: Energi, SDA, SDM, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat

DEBAT V MINGGU, 4 FEBRUARI 2024

Tema: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan (Post Covid Society), dan Ketenagakerjaan.

(lna/chri)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek