7 Tanda Anda Adalah Orang Introvert, Tidak Selalu Ingin Sendiri! - Beritasatu

7 Tanda Anda Adalah Orang Introvert, Tidak Selalu Ingin Sendiri!

Rabu, 3 Januari 2024 | 15:25 WIB
Tachta Citra Elfira / TCE
Ilustrasi foto orang Introvert.
Ilustrasi foto orang Introvert. (Freepik/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Pernahkah berpikir apakah Anda memiliki sifat introvert? Orang introvert biasanya suka menyendiri dan menghemat energinya daripada bertemu dengan banyak orang.

Ada beberapa tanda Anda mungkin adalah orang introvert, dan sifat ini bisa memiliki beberapa tipe berbeda. Pertama ada sosial introvert, yang lebih suka berkumpul dengan sedikit orang daripada banyak. Mereka lebih memilih berada di rumah daripada menghabiskan waktu di luar.

Kemudian ada introvert pemikir, yang suka menghabiskan banyak waktu untuk berpikir. Mereka biasanya introspektif dan kreatif. Ada juga tipe introvert yang sering merasa cemas dan merasa tidak nyaman saat berinteraksi dengan orang lain.

Tipe terakhir adalah introvert yang terlalu memikirkan segala sesuatu dan menghabiskan banyak waktu untuk mempertimbangkan keputusan sebelum bertindak.

Berikut adalah beberapa tanda Anda mungkin seorang introvert, yang disitat dari Very Well Mind, Rabu (3/1/2024).

1. Berada di sekitar orang menguras energi
Berada di sekitar banyak orang membuat Anda lelah karena harus mengeluarkan banyak energi saat berinteraksi sosial. Hal ini berbeda dengan ekstrovert yang justru mendapatkan energi dari pertemuan sosial.

Meski begitu, bukan berarti introvert sama sekali menghindari interaksi sosial. Banyak introvert yang sebenarnya senang menghabiskan waktu bersama orang lain, tetapi mereka lebih suka ditemani dengan teman dekat.

2. Menikmati kesendirian
Sebagai seorang introvert, menghabiskan waktu sendirian sambil membaca buku, berjalan-jalan di alam, atau menonton film favorit membantu Anda merasa segar kembali dan berenergi.

Biasanya hal itu dilakukan seorang introvert setelah seharian beraktivitas sosial. Mereka mungkin ingin menyendiri ke tempat yang tenang untuk berpikir, merenung, dan memulihkan tenaga.

3. Hanya memiliki sedikit teman
Salah satu kesalahpahaman umum tentang introvert adalah mereka tidak menyukai orang lain. Meskipun introvert biasanya tidak suka bersosialisasi, mereka akan memiliki sedikit teman yang sangat dekat.

Daripada memiliki banyak teman tetapi tidak bermanfaat, para introvert lebih memilih untuk berteman dengan sedikit orang yang berkualitas. Dari sekian banyak kelebihan introvert, salah satunya mereka dapat menciptakan hubungan yang mendalam dengan orang-orang terdekatnya.

4. Sulit dikenali
Orang mungkin sulit mengenali Anda karena lebih pendiam, lembut, dan pemalu. Namun sebenarnya, orang introvert akan memilih ucapan dengan hati-hati dan tidak suka obrolan yang tidak perlu.

5. Tidak bisa fokus
Ketika para introvert harus menghabiskan waktu dalam aktivitas atau lingkungan yang sangat sibuk, mereka bisa jadi akan merasa tidak fokus dan kewalahan. Sebaliknya, orang ekstrovert bakal berkembang dalam situasi yang banyak memiliki aktivitas dan sedikit peluang untuk merasa bosan.

Introvert lebih mudah teralihkan perhatiannya dibandingkan orang ekstrovert. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa orang introvert lebih menyukai suasana yang lebih tenang dan tidak terburu-buru.

6. Sadar diri
Orang introvert senang memikirkan dan memeriksa berbagai hal dalam pikirannya sendiri. Kesadaran diri dan pemahaman diri penting bagi introvert, sehingga mereka sering menghabiskan banyak waktu untuk belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri.

7. Lebih suka mengamati
Jika orang ekstrovert suka belajar melalui pengalaman langsung, maka introvert biasanya lebih suka belajar melalui observasi. Orang ekstrovert belajar melalui trial and error, sedangkan introvert lebih suka mengamati sebelum mencoba sesuatu yang baru.

Introvert suka melihat orang lain melakukan suatu tugas, sering kali berulang-ulang, sampai mereka merasa bisa meniru tindakan mereka sendiri. Ketika introvert benar-benar belajar dari pengalaman pribadi, mereka lebih memilih untuk berlatih di tempat pribadi. Hal ini karena mereka dapat membangun keterampilan dan kemampuan mereka tanpa harus tampil di depan orang lain.

Baca Juga

Komentar