Debat Cawapres, Gibran Pastikan Perkuat Reforma Agraria dan Digitalisasi Pertanahan - BeritaSatu

Debat Cawapres, Gibran Pastikan Perkuat Reforma Agraria dan Digitalisasi Pertanahan
BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com -  Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memastikan akan melanjutkan dan memperkuat reforma agraria. Salah satu penekanannya dan menjadi kunci adalah dengan digitalisasi pertanahan.

ADVERTISEMENT

Hal itu disampaikan Gibran dalam debat cawapres kedua di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). "Untuk  reforma agraria kita akan perkuat dan sempurnakan. Sekarang sudah ada program PTSL," bebernya dalam debat cawapres.

PTSL merupakan program pemerintah yang memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas suatu tanah milik masyarakat secara gratis. Program sertifikasi gratis ini telah dilaksanakan sejak 2018 dan akan terus berlangsung hingga 2025.

"Saat ini sudah berhasil memberikan 110 juta sertifikat. Sebelumnya, program itu memberikan 500.000 sertifikat," ujar Gibran.

Dia memaparkan, saat ini sudah ada redistribusi tanah. Salah satu contohnya adalah tanah milik masyarakat disimpan di bank tanah. "Diredistribusi ke pengusaha dan petani lokal," ucapnya.

Menurut Gibran, one map policy sangat berguna untuk mengatasi konflik tanah dan mafia tanah. Penguatan lainnya, kata dia, adalah digitalisasi pertanahan.

Dia mencontohkan, Kota Solo sudah mendapat predikat sebagai kota lengkap dari Badan Pertanahan Negara (BPN). Predikat itu didapat karena batas wilayah dan garis tanah Kota Solo sudah jelas kepemilikannya serta terdata lengkap di BPN.

"Jadi sudah ter-capture semua sehingga mengurangi konflik tanah, mafia tanah. Sudah ter-capture secara digital di data base BPN dan di sini kuncinya adalah digitalisasi. One map policy ini sangat penting menyelesaikan konflik agraria ke depan," bebernya.

Debat keempat Pilpres 2024 mempertemukan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Debat cawapres ini berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024), pukul 19.00 WIB.

Tema debat adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat Capres Cawapres

Gibran Rakabuming Raka

Digitalisasi Pertanahan

Reforma Agraria

Pilpres 2024

Debat Cawapres

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar