Indonesia Resmi Beli Pesawat Tempur dari Prancis, Warganet: 42 Unit Rafale Baru dari Pabrik, Tidak Ada… - Kilat

 Indonesia Resmi Beli Pesawat Tempur dari Prancis, Warganet: 42 Unit Rafale Baru dari Pabrik, Tidak Ada…

Selasa, 9 Januari 2024 | 19:04 WIB
Pesawat tempur Rafale pabrikan Dassault Prancis yang resmi dibeli Indonesia.
Pesawat tempur Rafale pabrikan Dassault Prancis yang resmi dibeli Indonesia.

KILAT.COM – Indonesia meresmikan tahap terakhir pembelian pesawat tempur baru dari pabrikan Dassault asal Prancis sebanyak 18 unit pada 8 Januari.

Dalam keterangan pada laman resminya, pembelian pesawat tempur sebanyak 18 unit itu disebut sebagai tahap ketiga yang melengkapi pesanan-pesanan sebelumnya.

Pesanan tahap pertama dilakukan pada September 2022 dengan pesanan 6 unit. Pesanan kedua disepakati pada Agustus 2023 dengan jumlah 18 buah pesawat tempur.

Dengan demikian, secara resmi Indonesia membeli total 42 unit pesawat tempur baru Rafale produksi pabrikan Dassault dari Prancis.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Ingatkan Presiden Jokowi Soal Jaga Netralitas, Singgung Bertemu Beberapa Ketua Partai?

“Dalam memilih Rafale, Indonesia telah memilih alat unik untuk kedaulatan dan kemandirian operasional yang akan membantu mengkonsolidasikan perannya sebagai kekuatan regional yang besar,” kata Eric Trappier, Chairman dan CEO Dassault Aviation.

Pilihan ini juga mengkonsolidasikan kerja sama industri dan akademik yang ambisius. Kami berkomitmen penuh untuk menyukseskan kemitraan ini, dengan visi jangka panjang yang tegas,” sambungnya.

Informasi ini kemudian diunggah oleh akun resmi Dassault pada media sosial X, yang juga dikutip oleh warganet Indonesia yang kerap mengamati tren alutsista dan kemiliteran.

Menurutnya, nantinya seluruh unit pesawat tempur baru asal Prancis ini akan dioperasikan oleh TNI Angkatan Udara.

Baca Juga: Disinggung Anies Baswedan Soal Luas Lahannya, Prabowo Masih Baper: Ada yang Nyinggung Saya Punya Berapa Tanah!

“Kontrak penambahan 18 Rafale sudah aktif. Totalnya TNI-AU nanti akan mengoperasikan 42 Rafale,” cuit @tweetmiliter pada 9 Januari 2024 sembari mengutip unggahan akun resmi Dassault.

“42 unit Rafale baru dari pabrik, tidak ada yang barang bekas,” sambungnya.

Berita resmi yang bisa dikatakan sebagai kabar baik ini disambut dengan antusias tinggi oleh para warganet lain yang turut mengikuti tren alutsista dan kemiliteran.

Para warganet tampak ‘salah fokus’ dengan keterangan ‘baru’ dan ‘barang bekas’ yang disematkan dalam cuitan @tweetmiliter.

Editor: Yuliyanti Anggraeni

Sumber: Twitter @tweetmiliter

Baca Juga

Komentar