Inilah 5 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Segar - detik

 Inilah 5 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Segar

Alia Yassinta Echa Putri

Jakarta -

Buah semangka merupakan pilihan camilan yang enak, segar, dan sehat. Dengan rasa manis dan nutrisi lengkap, buah semangka adalah paket sehat untuk dikonsumsi langsung atau menjadi komponen makanan lain.

Untuk mendapatkan seluruh manfaatnya, buah semangka yang dikonsumsi harus berkualitas baik. Namun, bagaimana cara memilih semangka? Berikut penjelasannya

Dikutip dari buku yang berjudul Semangka: Kelezatan dan Kesejukan dalam Setiap Gigitan yang ditulis oleh Tresno Saras, terdapat beberapa tips untuk memilih semangka yang segar, manis, dan siap untuk dinikmati. Berikut ini caranya:

1. Perhatikan Bentuk dan Ukuran

Biasanya, semangka yang manis memiliki bentuk yang simetris dan proporsional. Pilih semangka yang berbentuk tidak terlalu bulat atau terlalu panjang.

Ukuran semangka juga harus diperhatikan, tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil. Hindari juga semangka yang memiliki penyok, benjolan, atau goresan tidak beraturan.

2. Warna Kulit yang Konsisten

Warna kulit semangka seharusnya konsisten dan cerah. Semangka yang sudah matang biasanya memiliki warna kulit yang cerah dan rata, tidak memiliki bercak atau warna yang pudar. Hindari memilih semangka dengan warna yang pucat atau terlalu gelap.

3. Perhatikan Tekstur Kulit Semangka

Kulit semangka seharusnya halus dan tidak kasar. Hindari semangka yang memiliki kulit yang lembek atau rusak. Sentuh permukaan kulit untuk memastikan bahwa tidak ada area yang terlalu keras atau terlalu lembut.

4. Periksa Bagian Bawah Semangka

Periksa bagian bawah semangka yang bersentuhan langsung dengan tanah. Apabila bagian ini terlihat kuning atau cokelat, maka semangka tersebut telah matang dan siap dipanen. Hindari semangka dengan bagian bawah yang masih hijau atau terlihat tidak matang.

Dikutip dari buku yang berjudul Food Combining: Pola Makan Sehat, Enak, & Mudah yang ditulis oleh Widyanti Yuliandari, S.T. dan Lidya Irawati, semakin lebar warna kuning di bagian ujung buah semangka, maka menandakan bahwa semangka semakin matang.

5. Menepuk Semangka

Dikutip dari buku yang berjudul Pengetahuan Dasar Bahan Pangan yang ditulis oleh Mulono Apriyanto, tepuk-tepuk semangka bisa mengindikasikan kualitasnya. Semakin kopong kualitas semangka kurang bagus dan banyak airnya. Sebaliknya jika suara bergema, artinya semangka dalam kondisi segar.

Simak Video "Antre Sejam Demi Segarnya Jus Buah Rp 15 Ribuan"

(row/row)

Baca Juga

Komentar