Jusuf Kalla: Apa yang Perlu Dirahasiakan Kalau hanya Alutsista? - detik

 

Jusuf Kalla: Apa yang Perlu Dirahasiakan Kalau hanya Alutsista?

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 10 Jan 2024 21:51 WIB
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK)
Jusuf Kalla (JK) (Foto: Rumondang Naibaho/detikcom)
Jakarta -

Wakil Presiden RI Ke-10 dan Ke-12, Jusuf Kalla (JK), berbicara mengenai data pertahanan diperbincangkan dalam debat ketiga Pilpres 2024. JK menilai tak ada yang perlu dirahasiakan terkait data belanja alutsista.

"Rahasia apa sih pertahanan kita? Bagian apa yang perlu dirahasiakan kalau hanya alutsista? Kan bicara alutsista kan? Apanya yang musti dirahasiakan. Rahasia itu hanya untuk menutupi sesuatu harga yang tidak wajar, selalu begitu. Bahwa kita punya sekian Sukhoi, punya sekian F16, semua orang tahu," kata JK saat ditemui di kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

JK kemudian mengungkit momen di mana alutsista milik Indonesia kerap dipamerkan di momen perayaan hari jadi TNI. Sehingga, dia menilai tak ada yang perlu dirahasiakan soal alutsista.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tiap 5 Oktober kan dipamerkan kita punya alutsista semuanya. Tidak rahasia. Tidak ada disimpan di tempat nanti kita keluarkan. Kita kan tidak punya nuklir yang harus dirahasiakan di mana tempatnya, terkecuali ada senjata-senjata rahasia yang hebat biasanya itu dirahasiakan," ucapnya.

JK kemudian menceritakan pengalamannya selama dua periode menjabat sebagai Wakil Presiden RI. Politisi senior Partai Golkar itu menyebut negara lain kerap mengetahui aktivitas belanja pertahanan Indonesia.

"Pengalaman saya, apa yang kita buat? Rahasia kepada siapa? Pertanyaannya tentu rahasia kepada negara lain, apa Anda nggak tahu, you beli pesawat 2 dia tahu di Amerika di Eropa, kita beli tank, tahu itu orang. Dan tiap kali 5 Oktober ada pameran, kan terbuka semuanya," ujar JK.

"Jadi tidak ada yang perlu disembunyikan di keadaan sekarang, apanya rahasia sebenarnya. Rakyat harus tahu berapa negara beli ini, berapa pajak mereka yang diberikan di kemanakan, rakyat mesti tahu, rahasia pertahanan ini yang kita beli kapal selam langsung dan baru pesan oh sudah tahu (negara lain). Mau tipenya ini, oh tipenya ini, kan tidak ada dalam republik ini rahasia apa yang harus disembunyikan, semua tahu," sambungnya.




(taa/fas)

Baca Juga

Komentar