Pilihan

Keberatan Debat Capres Dimonopoli MNC, Cak Imin: Tak Independen Kita Protes - Beritasatu

Keberatan Debat Capres Dimonopoli MNC, Cak Imin: Tak Independen Kita Protes

Selasa, 2 Januari 2024 | 20:47 WIB
GA
R
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin.
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin. (Beritasatu.com/Gandhi)

Jakarta, Beritasatu.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin mengaku keberatan terkait MNC Group yang menjadi penyelenggara debat capres pada Minggu (7/1/2024). Cak Imin merasa khawatir tentang independensi media penyiaran, mengingat MNC Group dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo, ketua umum Perindo, salah satu partai pengusung capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Ya, tentu saja kami sama dengan yang keberatan, karena ini menyangkut independensi sebuah saluran televisi. Oleh karena itu, kami meminta agar semua stasiun televisi menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga independensi," kata Cak Imin disela safari politiknya di Kampung Nelayan Kali Adem, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2024).

BACA JUGA

KPU Terima Surat Keberatan TKN yang Tolak Monopoli MNC Group terhadap Debat Capres

Cak Imin menyatakan timnya akan melakukan protes jika independensi tersebut tidak terjaga.

ADVERTISEMENT

"Sebagai sebuah lembaga penyiaran seperti ini, independensi sangat penting. Kami berharap MNC membuktikan bahwa mereka benar-benar independen. Jika tidak bisa membuktikan, maka protes akan diajukan, dan hal ini harus didengar oleh KPU," jelas Cak Imin.

Diberitakan sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meminta debat capres tidak dimonopoli televisi yang dimiliki oleh peserta pemilu atau ketua umum partai politik (parpol) yang mengusung capres.

"Kami sudah bersurat ke KPU dan hal itu sudah disampaikan dalam rapat bersama KPU dan tim-tim paslon," ungkap Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Juri Ardiantoro kepada Beritasatu.com, Selasa (2/1/2024).

Sementara KPU sendiri mengonfirmasi telah menerima surat keberatan dari TKN.

“Surat (dari) TKN sudah diterima dan diserap, besok akan disampaikan hasilnya. Hari ini fokusnya memastikan yang namanya desain, layout tempat dan teknis debat ketiga,” kata Komisioner KPU August Mellaz.

BACA JUGA

TKN Keberatan Debat Capres Ketiga Dimonopoli MNC Group

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan lima kali pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024, yang berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

Debat ketiga berlangsung pada 7 Januari 2024, untuk debat capres yang berlangsung akan bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek