Pilihan

TKN Kembali Ingatkan KPU Soal Monopoli MNC Group di Debat Pilpres - Beritasatu

TKN Kembali Ingatkan KPU Soal Monopoli MNC Group di Debat Pilpres

Kamis, 4 Januari 2024 | 18:50 WIB
YP
R
(kanan ke kiri) Capres nomor urut 01 Anies Baswedan, 02 Prabowo Subianto, 03 Ganjar Pranowo mengikuti sesi tanya jawab dalam debat capres 2024 perdana di halaman gedung KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.
(kanan ke kiri) Capres nomor urut 01 Anies Baswedan, 02 Prabowo Subianto, 03 Ganjar Pranowo mengikuti sesi tanya jawab dalam debat capres 2024 perdana di halaman gedung KPU, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023. (BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao)

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran kembali mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal monopoli televisi penyelenggara debat ketiga Pilpres 2024 oleh MNC Group pada Minggu (7/1/2024). Apalagi, MNC group dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo selaku Ketua Umum Partai Perindo, salah satu partai pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Debat tidak seharusnya dimonopoli oleh televisi yang terkait dengan peserta pemilu atau ketua umum partai politik yang mengusung capres. Televisi penyelenggara harus netral," ujar anggota TKN Prabowo-Gibran, Anggawira kepada wartawan, Kamis (4/1/2023).

TKN, kata Anggawira, telah mengirim surat ke Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari soal keberatan TKN terhadap pelaksanaan debat oleh MNC Group. Meskipun surat tersebut telah dikirim, tutur Ketua Umum Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) itu, hingga saat ini, KPU belum mengambil keputusan terkait permintaan TKN tersebut.

BACA JUGA

Keberatan Debat Capres Dimonopoli MNC, Cak Imin: Tak Independen Kita Protes

ADVERTISEMENT

"Dalam Proses Debat penunjukan TV debat tidak boleh dimonopoli, dan lokasi debat harus netral, tidak berada di MNC Land Kebon Sirih. Keberatan ini menciptakan ketegangan terkait kemandirian pelaksanaan debat dalam proses pemilihan presiden," tandas Anggawira.

Diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (7/1/2024) mendatang. Debat ini rencananya akan disiarkan oleh MNC Group, yakni MNC TV, Global TV, Inews TV, dan RCTI.

BACA JUGA

KPU Terima Surat Keberatan TKN yang Tolak Monopoli MNC Group terhadap Debat Capres

Debat ketiga Pilpres 2024 akan mempertemukan yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Pertemuan ini merupakan pertemuan kedua, setelah sebelumnya ketiganya bertemu dalam debat pilpres perdana, yakni pada 12 Desember 2023 lalu.

Tema debat ketiga Pilpres 2024 adalah pertahanan dan keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Tema ini berbeda dengan dua debat sebelumnya. Pada debat perdana antara capres, tema debat yang diangkat adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek