Kepala BNPB Pastikan RSUD Sumedang Aman dan Bisa Ditempati Setelah Diguncang Gempa - Beritasatu

 

Kepala BNPB Pastikan RSUD Sumedang Aman dan Bisa Ditempati Setelah Diguncang Gempa

Senin, 1 Januari 2024 | 16:37 WIB
Penulis: Aep | Editor: JAS
URL berhasil di salin.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto ssat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang (RSUD) setelah diguncang gempa. Senin, 1 Januari 2024.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto ssat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang (RSUD) setelah diguncang gempa. Senin, 1 Januari 2024. (Beritasatu.com/Aep)

Sumedang, Beritasatu.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang aman dan bisa ditempati pascagempa. Senin (1/1/2024) sore.

ADVERTISEMENT

Hal ini setelah dilakukan asesmen oleh pihak PUPR untuk mengecek keamanan bangunan RSUD Sumedang.  Suharyanto menjelaskan setelah melakukan tiga kali asesmen, bangunan RSUD Sumedang dipastikan aman.

"Per hari ini sudah bisa dipastikan RSUD Sumedang aman. Pihak PUPR sudah melakukan asesmen 3 kali dan menyatakan bahwa rumah sakit ini aman untuk digunakan kembali," ujar Kepala BNPB,  Letjen TNI Suharyanto saat meninjau kondisi terkini RSUD Sumedang pada Senin (1/01/2024).

BMKG pun menyatakan hingga siang sampai sore ini kondisi sudah mulai kondusif.

ADVERTISEMENT

"Penjelasan BMKG dari siang hingga sore ini kondisi aman, berangsur-angsur para pasien dari tenda darurat kembali dimasukkan ke dalam ruangan," ungkapnya.

Dia memastikan pasien yang dirawat di tenda darurat akan kembali dievakuasi ke dalam ruangan, mengingat bangunan rumah sakit sudah dipastikan aman.

"Untuk semua pasien yang berada di tenda darurat ditargetkan pada hari ini pukul 17.00 WIB sudah masuk ke dalam ruangan," tegasnya.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten Sumedang mendirikan tenda darurat untuk menampung pasien di depan RSUD, untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

Baca Juga

Komentar