Kerusuhan di Papua Nugini, Korban Tewas Jadi 22 Orang - inews

 Kerusuhan di Papua Nugini, Korban Tewas Jadi 22 Orang

Anton Suhartono

Kerusuhan di Papua Nugini, Korban Tewas Jadi 22 Orang Jumlah korban tewas akibat kerusuhan di Papua Nugini bertambah menjadi 22 orang (Foto: Reuters)

PORT MORESBY, iNews.id - Jumlah korban tewas akibat kerusuhan di Papua Nugini bertambah menjadi 22 orang. Papua Nugini dilanda kerusuhan dan penjarahan sejak Rabu (10/1/2024) setelah petugas kepolisian dan pegawai negeri sipil (PNS) mengumumkan aksi mogok. 

Stasiun televisi Australia ABC melaporkan, jenazah enam korban tewas terbaru ditemukan di Port Moresby pada Jumat kemarin.

Baca Juga

Papua Nugini Rusuh, Perdana Menteri Marape Berlakukan Keadaan Darurat

Perdana Menteri Papua Nugini James Marape memberlakukan keadaan darurat selama 2 pekan sejak Kamis lalu seraya memberhentikan kepala kepolisian David Manning. Dia juga mengancam akan memberhentikan polisi lain yang tak disiplin.

Kerusuhan dimulai setelah polisi dan PNS menggelar aksi mogok lantaran gaji mereka dipotong. Muncul spekulasi bahwa pemerintah memotong gaji terkait kenaikan pajak. Namun spekulasi itu dibantah pemerintah seraya menggelar penyelidikan.

Baca Juga

Kerusuhan di Papua Nugini Tewaskan 15 Orang, Toko Warga China Jadi Sasaran Penjarahan

Marape juga memberhentikan pejabat kementerian keuangan yang dianggap bertanggung jawab di balik kisruh pemotongan gaji tersebut.

Namun aksi mogok itu ditunggangi oleh pihak tak bertanggung jawab dengan memicu kerusuhan serta penjarahan dan pembakaran tempat-tempat usaha dan toko.

Baca Juga

Kerusuhan di Papua Nugini, TNI Perketat Perbatasan

Kedutaan Besar China di Port Moresby memprotes pemerintah karena warganya menjadi sasaran penjarahan dan aksi vandalisme warga. Beberapa orang dilaporkan luka.

Sementara itu tujuh anggota parlemen mengumumkan pengunduran diri setelah menyatakan kehilangan kepercayaan kepada PM Marape.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News






Berita di Sekitarmu

Baca Juga

Komentar