Pamer Bangun Jalan Desa 350 Ribu Km, Jokowi: Jalan Tol Nggak Ada Apa-apanya! - detik

Pamer Bangun Jalan Desa 350 Ribu Km, Jokowi: Jalan Tol Nggak Ada Apa-apanya!

By Herdi Alif Al Hikam
finance.detik.com
January 3, 2024
Presiden Joko Widodo. Foto: Uje Hartono/detikJateng
Presiden Joko Widodo. Foto: Uje Hartono/detikJateng
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejak 2015 pihaknya sudah sangat banyak sekali membangun desa-desa di Indonesia. Contohnya saja untuk pembangunan jalan desa saat ini sudah mencapai 350 ribu kilometer yang berhasil dibangun.

Dia menyebut jalan desa yang telah dibangun di seluruh Tanah Air jauh lebih panjang dibanding pembangunan jalan tol. Sebagai perbandingan, jalan tol sejauh ini cuma 2.040 kilometer saja yang berhasil dibangun.

"Jalan tol nggak ada apa-apanya hanya 2.040 kilometer, jalan desa 350 ribu kilometer karena kita memiliki 74.800 desa di seluruh tanah air ini. Kalau 1 desa saja 5 kilo, berarti kali 75 berarti sudah 350 ribu jalan desa," beber Jokowi dalam keterangannya, Rabu (3/1/2024).

Hal ini diungkap Jokowi saat melakukan pertemuan bersama para kepala desa se-Kabupaten Banjarnegara, yang digelar di Desa Pagak, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, hari ini.

Jokowi juga mengungkapkan pemerintah sudah menggelontorkan dana desa senilai Rp 539 triliun sejak 2015. Menurutnya, ini merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah untuk melakukan pembangunan secara merata hingga ke desa.

"Jangan keliru ini saya beri tahu sampai saat ini sudah Rp539 triliun dana desa yang disalurkan ke desa-desa. Rp539 triliun, niku duit kathah sanget lho (uang besar sekali)," kata Jokowi.


(hal/das)

Baca Juga

Komentar