Pilihan

Warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Mogok Massal atas Pembunuhan Tokoh Senior Hamas - VOA Indonesia

Warga Palestina di Tepi Barat dan Yerusalem Mogok Massal atas Pembunuhan Tokoh Senior Hamas

03/01/2024
Warga Palestina berunjuk rasa terhadap pembunuhan pejabat senior Hamas, Saleh al-Arouri, di Desa Aroura dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel, 3 Januari 2024. (Foto: REUTERS/Ali Sawafta)

Warga Palestina berunjuk rasa terhadap pembunuhan pejabat senior Hamas, Saleh al-Arouri, di Desa Aroura dekat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki Israel, 3 Januari 2024. (Foto: REUTERS/Ali Sawafta)

Warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan di Yerusalem melakukan pemogokan massal pada Rabu (3/1) setelah pembunuhan pemimpin senior Hamas Saleh al-Arouri. Mereka menutup bisnis dan lembaga-lembaga publik termasuk sekolah-sekolah di Tepi Barat dan Yerusalem sebagai bentuk duka atas kematian wakil pemimpin Hamas tersebut.

Di Hebron, seorang penduduk, Suheil Nasrelddein, mengatakan: “Hari ini mogok karena kemarin pahlawan dan pemimpin Saleh Arouri mati syahid. Dia adalah putra Palestina yang baik yang mengorbankan diri untuk perjuangan Palestina. Dia bukan yang pertama yang mati syahid dan tidak akan menjadi syahid yang terakhir.”

Penduduk lain di sana, Makram Mouhtasib mengatakan ia khawatir pembunuhan Arouri akan memperburuk situasi antara Yahudi dan Muslim di Jalur Gaza, Palestina, dan dunia Arab karena Arouri adalah tokoh penting.

Arouri terbunuh pada Selasa (2/1) dalam serangan drone Israel di Dahiyeh. Kota di pinggiran selatan Beirut itu merupakan basis kelompok militan sekutu Hizbullah Lebanon, kata tiga sumber keamanan kepada kantor berita Reuters.

Israel telah lama menuduh Arouri melakukan serangan mematikan terhadap warganya. Namun, seorang pejabat Hamas mengatakan ia juga "sedang merundingkan" jalan keluar dari perang Gaza dan pembebasan sandera yang dilakukan oleh Qatar dan Mesir.

Israel belum berkomentar mengenai serangan itu. Negara itu biasanya tidak mengonfirmasi atau membantah bertanggung jawab atas serangan-serangan semacam itu. [ka/uh]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek