Arus Mudik, 3 Maskapai Ajukan Extra Flight di Bandara Adi Soemarmo Solo - BeritaSatu

 

Arus Mudik, 3 Maskapai Ajukan Extra Flight di Bandara Adi Soemarmo Solo

Rabu, 3 April 2024 | 17:01 WIB
Wijayanti Putri / JAS

Penumpang di ruang tunggu Bandara Adi Soemarmo, Solo, Rabu, 3 April 2024. (Beritasatu.com/Wijayanti Putri)

Solo, Beritasatu.com - Sebanyak tiga maskapai penerbangan telah mengajukan penambahan jadwal terbang atau extra flight selama masa angkutan mudik Lebaran 2024 di Bandara Adi Soemarmo Solo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin mengatakan maskapai yang sudah mengajukan extra flight adalah Citilink, Batik Air, dan Super Air Jet.

“Rute penerbangan yang diajukan untuk ditambah yakni tujuan Jakarta, yakni di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma serta tujuan Balikpapan, yakni di Bandara Sepinggan,” ujarnya.

Dengan adanya pengajuan extra flight itu, lanjutnya, maka jadwal penerbangan di Bandara Adi Soemarmo bertambah menjadi 26 hingga 28 penerbangan per hari.

“Saat ini rata-rata jumlah penerbangan di Bandara Adi Soemarmo sebanyak 23 penerbangan dalam sehari. Artinya akan ada penambahan tiga hingga lima penerbangan tergantung jadwal yang diajukan maskapai,” kata dia.

Sementara itu, untuk arus mudik Lebaran tahun ini, Bandara Adi Soemarmo memperkirakan jumlah penumpang akan mengalami peningkatan 4% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Sedangkan untuk kargo naik sebanyak 127% dan pergerakan pesawat meningkat 2% dibandingkan Lebaran 2023.

“Prediksi pergerakan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023 diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 4% dengan total penumpang 82.768 orang. Sementara untuk pergerakan pesawat kenaikan diperkirakan sekitar 2% dengan total 576 penerbangan, sedangkan untuk pergerakan kargo kenaikan diperkirakan sekitar 127% dengan total 228.320 kilogram kargo,” ungkap Erick.

Adapun prediksi puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 6 April, sedangkan puncak arus balik pada 15 April 2024.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar