Pilihan

Dampak Kerusakan Gempa Garut Terjadi di 3 Kecamatan Pangandaran, Listrik Sempat Mati - CNN Indonesia

 

Dampak Kerusakan Gempa Garut Terjadi di 3 Kecamatan Pangandaran, Listrik Sempat Mati

Minggu, 28 April 2024 | 12:13 WIB
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Kondisi rumah warga yang rusak akibat guncangan gempa Garut di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu 28 Mei 2024. (Tagana Pangandaran/Tagana Pangandaran)

Garut, Beritasatu.com- Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran menyebutkan gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2 di barat daya Kabupaten Garut, Sabtu (27/4/2024) tengah malam, menyebabkan kerusakan rumah warga dan masjid di Pangandaran, Jawa Barat. Meski begitu, tidak ada korban jiwa.

"Ada kerusakan ringan beberapa rumah akibat gempa Garut, lagi didata," kata Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran Nana Suryana saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Minggu (28/4/2024) dikutip Antara.

Ia menyebutkan, guncangan gempa Garut berdampak kerusakan pada tiga kecamatan di Kabupaten Pangandaran, yakni Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Padaherang, dan Kecamatan Cimerak. “Sebagian daerah Cimerak saat kejadian gempa sempat terjadi mati listrik,” kata dia.

Berdasarkan pantauan sementara, 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran aman dan kondusif.

Dia mengatakan gempa yang berpusat di Garut itu cukup kuat dirasakan masyarakat pesisir pantai Pangandaran yang masih satu garis pantai dengan Kabupaten Garut. Gempa sempat menyebabkan warga panik, tetapi tidak ada evakuasi pada masyarakat. Begitu juga kondisi wilayah pantai terpantau normal. “Wisatawan sempat panik, tetapi berangsur kondusif,” katanya.

Laporan sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa bumi mengakibatkan korban luka-luka dan kerusakan bangunan di Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Bandung Barat, Ciamis, Bandung, Pangandaran, Purwakarta, Sumedang dan Tasikmalaya.

Berdasarkan laporan BMKG, gempa bumi yang awalnya dilaporkan berkekuatan M 6,5, kemudian dimutakhirkan M 6,2 tersebut memiliki pusat gempa di laut yang berjarak 151 km barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 km.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek