Diduga Kelaparan, Monyet Serbu Permukiman Warga Peterongan Jombang - BeritaSatu

 

Diduga Kelaparan, Monyet Serbu Permukiman Warga Peterongan Jombang

Jumat, 19 April 2024 | 06:50 WIB
Didik Fibrianto / JAS

Petugas BPBD Jombang saat mencari kawanan monyet yang menyerbu pemukiman penduduk Desa Peterongan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis 18 April 2024. (Beritasatu.com/Didik Fibrianto)

Jombang, Beritasatu.com - Kawanan monyet membuat resah warga warga Desa/Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Monyet-monyet tersebut diduga kelaparan, sebab mereka kerap merebut buah-buahan hingga sayur yang dipanen warga.

Eni Sa'adah (53), warga RT 14 RW 02 Desa Peterongan, Kabupaten Jombang mengatakan kawanan monyet tersebut terlihat mulai muncul sebelum Lebaran 2024. Mereka berkerumun dan sering mondar-mandir.

Dirinya juga tidak tahu asal monyet-monyet tersebut. Mereka datang begitu saja berkelompok. Dari pantauannya, ada sekitar tujuh ekor monyet ekor panjang yang terlihat dengan berbagai umur.

"Sebelum Lebaran terlihatnya, ada tujuh ekor monyet. Warga merasa terganggu, ada yang memetik sayur kluwih semua monyet turun," kata Eni kepada wartawan, Kamis (18/4/2024).

Ia mengatakan monyet-monyet tersebut terlihat dari rumah kosong yang berada tak jauh dari rumahnya. Mereka sering terlihat di tembok yang cukup tinggi di rumah kosong itu. Ketinggian tembok dari rumah kosong itu sekitar 4 meter.

"Monyet itu liar, warga di sini tidak ada yang memelihara. Asalnya tidak tahu, tetapi sering turun dari tembok rumah tetangga. Itu kan rumahnya tidak ditempati," ungkapnya.

Anggota BPBD Kabupaten Jombang Agung Setiawan menduga kawanan monyet liar yang menyerbu permukiman warga tersebut karena kelaparan. Dia menyebut dari hasil pencarian, petugas sempat melihat satu ekor monyet kecil di lingkungan warga.

"Mungkin monyet-monyet itu mencari makan. Tadi di sebelah ketemu masih kecil tetapi hilang lagi. Kalau laporan ada tujuh, tetapi kami juga tidak bisa pastikan," pungkasnya.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar