Pilihan

Dronenya Ditembaki Jatuh, Iran: Yordania Tetap Sahabat, Mereka Korban Israel - Halaman all - Tribunnews

 

Dronenya Ditembaki Jatuh, Iran: Yordania Tetap Sahabat, Mereka Korban Israel - Halaman all - Tribunnews

Kementerian Luar Negeri Iran: Hubungan dengan Yordania Tetap Bersahabat

TRIBUNNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani menekankan kalau negaranya tetap menjalin hubungan persahabatan dengan Yordania.

Pernyataan itu berkaitan dengan tudingan terhadap Yordania yang dianggap membantu Israel karena ikut menembaki jatuh drone-drone yang diluncurkan Teheran ke teritorial negara pendudukan, Minggu (14/4/2024).

Baca juga: AS Sibuk Bantu Israel Jatuhkan Drone Iran di Suriah-Irak, Ini Video Ledakan di Langit Yordania

Kanaani menunjukkan, kontak terus berlanjut antara pejabat kedua negara.

"Dan konsultasi yang baik telah terjadi selama beberapa bulan terakhir antara kedua menteri luar negeri," katanya dilansir Khaberni.

Kanaani menegaskan dalam konferensi persnya hari ini, Senin (15/4/2024), kalau konsultasi antara menteri luar negeri kedua negara tersebut membahas tentang "bagaimana menghadapi tindakan kriminal entitas Zionis."

Dia menambahkan: "Kami berharap dapat melanjutkan konsultasi antara kedua negara dengan pandangan yang sama mengenai ancaman entitas Zionis terhadap perdamaian dan keamanan di kawasan."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri menambahkan: “Teheran telah berkomitmen untuk menjaga stabilitas dan keamanan regional, dan Yordania adalah salah satu negara yang telah terkena dampak praktik kriminal Zionis selama bertahun-tahun dan pantas mendapatkan hal tersebut (stabilitas) dari negara-negara di dunia, termasuk negara-negara di kawasan. Negara-negara Arab dan Islam, mendukung tindakan hukum Iran untuk menghukum agresor (Israel).”

Baca juga: Iran Ancam Negara Tetangga yang Bantu Israel Cegat Drone, Yordania Bantah Tetapkan Status Darurat

Bisa Jadi Target Iran Berikutnya

Kemarin, kantor berita Mehr Iran mengutip sumber di Angkatan Bersenjata Iran bahwa Teheran "memantau dengan cermat pergerakan Yordania, dan jika (Yordania) bekerja sama dengan Israel, maka negara itu akan menjadi target Iran berikutnya."

Sumber tersebut menekankan: “Kami memperingatkan Yordania dan negara-negara lain di kawasan ini sebelum serangan dimulai agar tidak bekerja sama dengan entitas pendudukan.”

Pada gilirannya, Yordania mengumumkan kalau beberapa benda terbang yang memasuki wilayah udara negara itu kemarin  malam telah ditangani, dan ditanggapi demi menjaga keselamatan warga dan kawasan pemukiman wilayah negara mereka.

Baca juga: Dituding Ikut Bantu Israel, Ternyata Ini Alasan Yordania Jatuhkan Drone yang Diluncurkan Iran

Garda Revolusi Iran mengumumkan pada Sabtu malam, dalam sebuah pernyataan, bahwa “Sebagai tanggapan atas banyak kejahatan entitas Zionis, termasuk serangan terhadap bagian konsuler kedutaan Iran di Damaskus dan kemartiran sejumlah pemimpin negara kami dan penasihat militer di Suriah, angkatan udara Korps Garda Revolusi Islam menargetkan sasaran di wilayah pendudukan dengan puluhan rudal dan drone".

Hujan Kritik, Ada Meme Raja Abdullah Pakai Seragam IDF

Diberitakan, Yordania dihujani kritik gara-gara kebijakan Raja Abdullah II yang mencegat rudal dan drone Iran yang terbang melintasi negara mereka.

Tindakan itu dianggap banyak pihak sebagai upaya melindungi Israel dari serangan Iran.

Mereka yang mengkritik lalu membandingkan bahwa Yordania tidak akan melakukan hal serupa jika yang melakukan AS atau Israel dengan sasaran Irak, Suriah, atau Iran.

Kontribusi Yordania terhadap kampanye perlindungan terhadap Israel ini sudah diketahui secara luas.

Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi tidak menyesali peran negaranya dalam menembak jatuh drone dan rudal Iran.

Dia bahkan marah atas kritik Iran yang menyebut Yordania memilih mengambil sikap membela Israel, meski tidak melakukan apa pun untuk melindungi warga Palestina setelah enam bulan genosida Israel.

Pemerintah Yordania menegaskan bahwa penembakan rudal Iran hanya dilakukan untuk melindungi wilayah udaranya, bukan Israel.

Namun banyak yang meragukan hal itu, karena wilayah udara Yordania telah berulang kali dilanggar oleh AS dan negara-negara barat lainnya untuk melancarkan serangan ke beberapa negara Arab.

Memanggil Duta Besar Iran

Merespons polemik di atas, Yordania dengan cepat bereaksi terhadap Iran.

“Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan Amman memanggil duta besar Iran untuk memprotes pernyataan ofensif,” lapor Al-Jazeera, mengutip kantor berita negara Yordania.

Safadi memperbarui komitmen negaranya untuk “menghadapi setiap drone atau rudal yang menembus wilayah udaranya.”

Dia juga berpendapat, kegagalan Iran dalam menyerang Israel akan berdampak buruk bagi Teheran sekaligus masyarakat Palestina. Israel, katanya, bisa saja akan semakin keras terhadap Gaza.

Warga Palestina, Yordania, dan warga Arab lainnya di media sosial tampaknya tidak sependapat dengan alasan Safadi.

Faktanya, warga Palestina, seperti warga Arab lainnya, merayakan pembalasan Iran atas serangan Israel terhadap konsulat Teheran, baik di lapangan maupun di media sosial.

Pengkhianatan

Saeed Ziad, seorang aktivis media sosial, menulis di platform X, menilai, Safadi mungkin mencoba membenarkan tindakan negaranya atas nama kedaulatan.

Namun kedaulatan tersebut tampaknya tidak menjadi masalah di masa lalu, ketika wilayah Yordania digunakan sebagai landasan untuk menyerang negara-negara Arab lainnya dan kelompok anti-Israel di AS.

"Apa yang dilakukan Yordania sebagai tindakan pengkhianatan langsung terhadap Palestina dan bangsa Arab," tulisnya.

“Pertanyaannya, ketika drone dan rudal Israel melintasi wilayah udara Yordania (sebagai pembalasan terhadap serangan Iran – PC) apakah pertahanan udara Yordania akan menghadapi mereka seperti yang telah mereka lakukan terhadap Iran?”

"Berapa lama pemerintah negara-negara Arab akan dibiarkan memperjuangkan kepentingan dan prioritas AS dan Israel, dengan mengorbankan kepentingan dan prioritas kolektif masyarakat Arab?

Sementara anggota parlemen Pakistan bernama Mushtaq Ahmad Khan mengkritik Raja Yordania, menyebutnya sebagai pengkhianat karena membantu Israel dalam mencegat drone Iran.

Keterlibatan Yordania dalam membantu pertahanan Zionis disambut baik oleh orang-orang Israel yang lebih tua, yang ingat saat Yordania menyerang Israel.

Di sisi lain, warga Palestina dan sebagian besar umat muslim menilai negara tersebut memihak Israel pada saat serangan militer Zionis di Gaza telah menewaskan lebih dari 33.000 warga Palestina.

Amir Tibon, jurnalis surat kabar Israel Haaretz, memuji peran yang dimainkan para sekutu Israel, termasuk Yordania.

Dia menyebutnya sebagai, “Pelajaran penting bagi kami orang Israel.

Merespons hujan kritik, pemerintah Yordania mengeluarkan pernyataan yang menggambarkan tindakan militernya sebagai tindakan membela diri, bukan untuk membela kepentingan Israel.

Dikatakan bahwa drone dan rudal “yang memasuki wilayah udara kami tadi malam telah ditangani dan dikonfrontasi secara preventif tanpa membahayakan keselamatan warga negara kami serta daerah pemukiman dan pemukiman.”

"Militer kami akan terus membela Yordania dari serangan apa pun di masa depan oleh “pihak mana pun” untuk membela “bangsa, warga negaranya, dan wilayah udara serta wilayahnya,” tambah pemerintah Yordania.

Namun Penjelasan resmi tersebut tidak meredakan kritik terhadap keterlibatan Yordania pada hari Minggu kemarin.

Sebagai info, demonstrasi besar-besaran pro-Palestina telah terjadi di Yordania sejak perang dimulai pada bulan Oktober, dan pihak berwenang seringkali memberikan tanggapan yang keras.

Pengguna media sosial membagikan meme penguasa Yordania, Raja Abdullah II, yang mengenakan seragam militer Israel.

Dalam postingan di X, Dima Khatib, Direktur pelaksana AJ+, sebuah organisasi berita digital milik jaringan pan-Arab Al Jazeera, menyebut tindakan Yordania mengejutkan”

“Negara-negara yang mengaku sahabat ini memang merespons teriakan warga Gaza. Namun bukan terhadap serangan pesawat, drone, dan rudal Israel terhadap Palestina. Justru sebaliknya. Mereka melindungi Israel dari serangan,” tulisnya.

“Faktanya ada negara Arab yang melindungi Israel dan mengawasi ketika orang-orang Palestina dibom.”

Berdasarkan Amnesty International, Yordania sepanjang tahun ini telah menangkap lebih dari 1.000 pengunjuk rasa karena mengkritik pemerintah.

(oln/khbrn/*)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek