Pilihan

Iran Sebut Negara Inggris, Jerman, Perancis Telah Menerapkan Standar Ganda terkait Serangan Israel - Tribunnews

 

Iran Sebut Negara Inggris, Jerman, Perancis Telah Menerapkan Standar Ganda terkait Serangan Israel - Tribunnews

Iran Sebut Inggris Jerman Perancis Telah Menerapkan Standar Ganda atas Serangan Israel

TRIBUNNEWS.COM- Iran mengecam sikap tiga negara Eropa, Inggris, Jerman, dan Prancis karena 'standar ganda' atas serangan Israel.

Ketiga negara Eropa tersebut mengutuk serangan Iran terhadap Israel, namun mereka tidak mengutuk serangan Israel sebelumnya terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan pada tanggal 14 April bahwa mereka memanggil duta besar Inggris, Jerman, dan Perancis.

Menyusul apa yang mereka gambarkan sebagai "posisi tidak bertanggung jawab" dari negara-negara tersebut menyusul serangan balasan Iran terhadap Israel semalaman.

Direktur Eropa Barat di Kementerian Luar Negeri Iran secara terpisah memanggil Duta Besar Inggris Simon Shercliff, Duta Besar Jerman Hans-Udo Muzel, dan Duta Besar Prancis Nicolas Roche ke Kementerian Luar Negeri pada hari Minggu.

Tadi malam, tindakan angkatan bersenjata Republik Islam Iran terhadap pangkalan militer rezim Zionis berada di bawah Pasal 51 Piagam PBB dan sebagai tanggapan atas serangkaian kejahatan rezim Zionis, khususnya serangan baru-baru ini. di kedutaan Republik Islam Iran," kata direktur tersebut kepada utusan Eropa.

Serangan rudal dan drone Iran terhadap pangkalan militer Israel terjadi sebagai tanggapan atas pemboman Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April.

Serangan Israel menewaskan komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan enam orang lainnya di wilayah yang dianggap sebagai wilayah kedaulatan Iran berdasarkan hukum internasional.

Duta Besar Inggris, Jerman, dan Perancis semuanya mengutuk serangan Iran terhadap Israel namun menentang pernyataan Dewan Keamanan PBB yang disusun oleh Rusia awal bulan ini yang akan mengutuk serangan Israel terhadap konsulat Iran.

Mengutuk standar ganda ketiga negara Eropa tersebut, direktur tersebut mengatakan,

“Republik Islam Iran, sambil menegaskan kembali kepatuhannya terhadap prinsip dan tujuan Piagam PBB serta hukum internasional, bertekad untuk dengan tegas mempertahankan kedaulatannya, integritas wilayah, dan kepentingan nasional terhadap penggunaan kekuatan ilegal."

Menurut Kementerian Luar Negeri Iran, serangan rudal dan drone pada hari Sabtu terhadap Israel “dilakukan dalam kerangka hak membela diri, sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB, sebagai tanggapan atas serangan terhadap fasilitas Iran di wilayah tersebut termasuk serangan terhadap gedung departemen konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus pada tanggal 1 April, yang dikutuk keras oleh negara kami.”

Selain serangan konsulat pada tanggal 1 April, Israel telah melakukan ratusan serangan udara di Suriah terhadap tentara Suriah dan kelompok bersenjata sekutu yang mendapat bantuan Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Suriah dan Iran telah berupaya mengusir pasukan AS yang secara ilegal menduduki wilayah timur laut Suriah dengan bantuan proksi Kurdi dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

(Sumber: The Cradle)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek