Pilihan

Jaga Kesehatan Hewan Untuk Kurban, 400 Domba dari Dompet Dhuafa di Kab Madiun Divaksin Anti PMK - Surya

 

Jaga Kesehatan Hewan Untuk Kurban, 400 Domba dari Dompet Dhuafa di Kab Madiun Divaksin Anti PMK - Surya

SURYA.CO.ID, MADIUN - Sebanyak 400 ekor domba dari Dompet Dhuafa di DD Farm, Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, mendapatkan pemeriksaan kesehatan, Minggu (28/4/2024).

Dengan melibatkan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun, ratusan domba menerima vaksinasi dalam upaya pencegahan penyakit, terutama kuku dan mulut.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Risky Adib mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah menjaga mutu, kualitas dan standarisasi hewan yang akan dikurbankan nanti.

“Masyarakat tidak perlu ragu membeli dan mendapatkan hewan kurban dari Dompet Dhuafa, khususnya di wilayah Madiun dan sekitarnya,” ujar Risky Adib.

Petugas menyuntikkan vaksinasi ke semua domba, untuk memastikan kesehatan domba yang dibeli donatur sehat dan tersampaikan kepada masyarakat. “Ini juga bagian dalam rangka pengendalian dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Timur,” pungkasnya..

Di tempat yang sama Kepala Kandang DD Farm Benny berharap, ratusan ekor domba bebas dari penyakit dan sehat pada Hari Raya Kurban nanti.

“Selain vaksinasi, dari peternak juga rutin memberikan vitamin. Mengingat semua domba yang ada di DD Farm jenis kelamin jantan dikarenakan hanya fokus untuk fatening (penggemukan),” tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, Dompet Dhuafa Jawa Timur memiliki peternakan yang tersebar di Madiun, Mojokerto, Situbondo, Tulungagung, Jember, Gresik, Kediri, Tuban, dan Bojonegoro.

“Sebagiannya merupakan program kolaborasi dengan Briliant Farm yang fokus pada proses breeding atau pembiakan. Sedangkan peternakan DD Farm fokus pada penggemukan yang memang dipersiapkan untuk program Tebar Hewan Kurban (THK),” tandas Benny. ****

Sumber: Surya

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek