Jelang Lebaran 2024, Warga Lampung Timur Sulit Temukan Gas Elpiji 3 Kg - Beritasatu

 

Jelang Lebaran 2024, Warga Lampung Timur Sulit Temukan Gas Elpiji 3 Kg

Sabtu, 6 April 2024 | 15:32 WIB
RA
JS
Ilustrasi tabung gas elpiji 3 kg.
Ilustrasi tabung gas elpiji 3 kg. (B Universe Photo/Mohammad Defrizal)


Lampung Timur, Beritasatu.com - Menjelang Lebaran terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (kg) di Kabupaten Lampung Timur.

Untuk mendapatkan gas elpiji 3 kg, warga terpaksa harus berkeliling kampung. Bahkan, warga harus mengeluarkan uang berkisar Rp 29.000 hingga Rp 30.000.

Kelangkaan gas elpiji 3 kg ini terjadi menjelang Lebaran 2024. Kesulitan ini dialami warga Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.  Kelangkaan gas ini, terjadi sejak satu bulan terakhir.

Saking langkanya, penjual gas elpiji menjual dengan harga yang tinggi. Tidak hanya di warung, stok gas elpiji 3 kg juga tidak tersedia di agen maupun pangkalan gas elpiji di wilayah Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur.

BACA JUGA

Fera (40), ibu rumah tangga (IRT) mengatakan, saat ini masih kesulitan mendapatkan gas elpiji 3 kg.

"Saya sudah mencari kemana saja untuk mendapatkan satu tabung gas elpiji 3 kg, tetapi tetap nihil," katanya di lokasi, Sabtu (6/4/2024).

Dia berharap, kelangkaan gas elpiji segera diselesaikan oleh pihak terkait. Supaya, hal ini tidak lagi terjadi.

Bukan warga saja, tetapi pihak agen gas elpiji juga sulit mendapatkannya. Payan Manalu (42), pemilik pangkalan gas elpiji mengatakan, kelangkaan gas ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya penerapan regulasi baru dan faktor konsumsi berlebih masyarakat menjelang Lebaran.

"Regulasi yang mengatur, tidak ada alokasi pengiriman gas elpiji bersubsidi kepada pangkalan. Jadi, ini sangat berpengaruh pada kelangkaan gas elpiji," kata Payan Manalu.

BACA JUGA

Dirinya berharap mendekati Lebaran terdapat penambahan stok gas elpiji dari agen maupun dari pihak Pertamina. Sehingga, kebutuhan gas elpiji untuk masyarakat tercukupi.

"Mudah-mudah sampai Lebaran, ada tambahan pasokan gas elpiji 3 kilogram dari agen maupun dari Pertamina," ujar Payan Manalu.

Baca Juga

Komentar