Pilihan

Kartu Khusus Beli Pertalite, Mobil di Atas 1.400 Cc Dibatasi 15 Liter - CNN Indonesia

 

Kartu Khusus Beli Pertalite, Mobil di Atas 1.400 Cc Dibatasi 15 Liter

Senin, 29 Apr 2024 12:00 WIB

Kartu khusus beli Pertalite akan berlaku di Batam mulai 1 Agustus 2024, mobil di bawah 1.400 cc dibatasi 20 liter per hari, di atas 1.400 cc maksimal 15 liter per hari. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, punya cara tersendiri membatasi pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi, Pertalite, menggunakan kartu khusus yang dinamakan Fuel Card 5.0. Cara kerja kartu ini membatasi pembelian Pertalite, salah satunya untuk mobil di atas 1.400 cc hanya 15 liter per hari.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut Pertamina Patra Niaga, Susanto August Satria, menjelaskan kartu ini adalah program pemerintah kota Batam.

"Jadi pertama yang harus digarisbawahi adalah ini programnya Pemda Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Ini programnya dari pemerintah daerah Kota Batam," jelas dia, diberitakan detikcom, Minggu (28/4).

Dia juga memaparkan Fuel Card 5.0 mesti diisi saldonya sebelum membeli BBM. Lalu pembelian Pertalite dilakukan melalui cara tapping kemudian dicocokkan dengan pelat nomor kendaraan.

"Nanti pembeliannya di SPBU dengan cara tapping. Kartunya itu, nanti bisa ditanya, referensinya adalah identik itu dengan nomor polisi yang didaftarkan ke Pemda Disperindagkop," ujar dia.

Penggunaan kartu ini dikatakan Susanto kebijakan pemerintah kota Batam, belum ada diterapkan di daerah lain.

Sebelumnya pada Jumat (26/4) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan pendaftaran Fuel Card 5.0 dilakukan secara online mulai 26 April hingga 31 Juli di situs batamfuelcard.id.

Secara khusus pendaftaran ini ditujukan untuk pemilik kendaraan roda empat buat pembelian Pertalite.

"Semua dilakukan secara online, dan bisa diakses mulai jam 13.00 siang ini. Proses pendaftaran hingga selesai, diperkirakan memakan waktu hingga 3 hari," kata Gustian, disitat dari Antara.

Fuel Card 5.0 melibatkan tiga bank, yakni KB Bank, Bank Sumut dan CIMB Niaga.

"Masyarakat bisa memilih, di mana masyarakat merasa nyaman, dipersilakan memilih di antara ketiga bank tersebut. Selain itu, di Kantor Disperindag juga disiapkan layanan untuk pembuatan Fuel Card 5.0, kami berharap hingga 31 Juli 2024 Fuel Card ini sudah selesai," kata Gustian.

Pemerintah kota Batam telah menunjuk 11 SPBU yang melayani Fuel Card 5.0. Penerapan pembelian menggunakan cara ini secara efektif dilakukan mulai 1 Agustus 2024.

Daftar 11 SPBU itu adalah SPBU Pelita, SPBU Baloi Permai, SPBU Punggur, SBPU Belian, SBPU Tembesi, SBPU Tiban Lama, SBPU Tanjunguncang, SBPU Sei Jodoh, SBPU Bengkong, SBPU Batu Besar dan SBPU Sei Beduk.

"Dari layanan SPBU, itu sudah dilaksanakan hari ini di 11 SPBU yang menyediakan layanan Fuel Card 5.0. Tidak semua SPBU menyediakan Pertalite," ujar ujar dia.

Batas pembelian

Gustian merinci soal batas pembelian Pertalite, yaitu 20 liter per hari untuk kendaraan roda empat maksimal 1.400 cc. Sedangkan buat kendaraan roda empat di atas 1.400 cc maksimal 15 liter per hari.

"Kendaraan umum roda 4 seperti angkutan kota (angkot) 35 liter per hari, Kendaraan operasional untuk kebutuhan masyarakat seperti Gocar, Maxim dapat 30 liter per hari dan khusus mobil barang (pikap) 20 liter per hari," ujar Gustian.

Infografis Daftar Mobil-Motor Bisa Jadi Dilarang Isi Pertalite 2024. (Basith Subastian/CNNIndonesia)

(fea)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek