Pilihan

Masinton Kritik Bea Cukai: Harusnya Tak Terapkan Aturan dengan Kacamata Kuda - detik

 

Masinton Kritik Bea Cukai: Harusnya Tak Terapkan Aturan dengan Kacamata Kuda

Jakarta 

-

Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mengkritik Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan yang tengah menjadi sorotan publik setelah ada 3 kejadian viral. Masinton menilai seharusnya Bea Cukai tidak menerapkan aturan seperti menggunakan kacamata kuda.

"Bea Cukai seharusnya tidak membaca aturan dan menerapkannya dengan menggunakan kacamata kuda," kata Masinton saat dimintai tanggapan, Minggu (28/4/2024).

Masinton lantas memberikan beberapa kejadian selain tiga kejadian yang viral di media sosial beberapa hari ini. Kejadian itu, ungkap Masinton, menimpa pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri.

"Ada beberapa kejadian seperti pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri hendak berkirim barang kepada keluarganya di Indonesia malah barangnya tertahan dan dipersulit proses pengurusannya di Bea Cukai. Padahal barang-barang tersebut bukan kategori barang yang hendak diperjualbelikan di Indonesia," ucapnya.

Dia menyebutkan banyak menerima keluhan WNI yang baru pulang dari luar negeri terkait sistem pelayanan Bea Cukai di berbagai bandara. Menurutnya, banyak di antara mereka yang sering terkena denda dan sanksi atas barang bawaan pribadi.

"Sering dikenakan tarif bea masuk dan sanksi denda barang-barang pribadi bawaan WNI dari luar negeri. Padahal kalau ditotal presentasi penerimaan negara secara keseluruhan dari barang bawaan penumpang pesawat, persentasenya kecil. Dan itu sangat membuat masyarakat mengalami kesulitan sekembalinya ke Indonesia," ujar dia.

Kader PDIP ini pun meminta Bea Cukai lebih fokus pada penerimaan dengan skala yang besar antarnegara. Dia juga meminta Bea Cukai memperbaiki sistem kerja.

"Lebih baik Bea Cukai fokus pada penerimaan negara dengan skala volume perdagangan besar antar negara. Bea Cukai harus mengevaluasi kembali sistem kerja, pengawasan, dan koordinasi antarkementerian dan lembaga pemerintahan," tuturnya.

3 Kejadian Viral Timpa Bea Cukai

Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan menjadi sorotan publik atas sejumlah kasus yang menimpanya. Tindakan hukum dari Bea Cukai menuai kontroversi hingga banjir komentar negatif masyarakat.

Dalam catatan detikcom, pada pekan ini terdapat 3 keluhan masyarakat terhadap Bea Cukai yang viral di media sosial. Ketiganya adalah soal pembelian sepatu olahraga impor yang ditagih pajak Rp 31 juta, alat belajar siswa SLB yang ditagih ratusan juta rupiah, hingga mainan untuk review milik influencer yang tertahan.

Pernyataan Menkeu

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggelar rapat di Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Soekarno-Hatta pada Sabtu (27/4) malam. Rapat itu membahas berbagai isu viral yang muncul di media sosial terkait pelayanan Bea Cukai (BC).

"Malam ini, saya bersama pimpinan @beacukairi di Kantor @bcsoetta membahas mengenai berbagai isu aktual yang muncul di publik terkait pelayanan BC," kata Sri Mulyani dalam unggahan di Instagram resminya, dikutip Minggu (28/4).

Simak juga 'Saat Menparekraf soal Aturan Bea Cukai Terkait Pembatasan Barang Bawaan ke LN':

(maa/imk)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek