Pilihan

Menhub Sebut Arus Balik Sumatera ke Jawa Masih Landai Hari Ini - CNN Indonesia

 

Menhub Sebut Arus Balik Sumatera ke Jawa Masih Landai Hari Ini

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan arus balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung, masih landai pada hari keempat lebaran, Minggu (14/4).

"Dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini (arus balik) masih relatif landai," ujar Budi kepada wartawan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, seperti dikutip Antara.

Budi menilai relaksasi berupa kebijakan penghapusan masa berlaku tiket untuk 24 jam pertama yang diberlakukan selama 11-21 April 2024 berdampak pada arus balik yang masih relatif landai hingga H+4 Lebaran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Menurut ukuran dari pada jumlah kapal yang harus dioperasikan, relatif masih landai," ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Budi mengapresiasi Kepolisian Daerah Lampung yang menerapkan mekanisme penanganan kendaraan arus balik dengan pola warna hijau, warna kuning, dan warna merah.

Ketika kondisi arus balik kendaraan berada pada warna merah, maka berarti sangat padat sehingga banyak kapal yang harus dioperasikan secara cepat dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak.

Budi mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan arus balik di Pelabuhan Bakauheni, pihaknya juga mengoperasikan Pelabuhan Panjang untuk penyeberangan ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Ia berharap warga yang melakukan perjalanan arus balik dapat memanfaatkan layanan kapal di Pelabuhan Panjang yang tetap dikawal dalam setiap pelayaran.

Berdasarkan pantauan Antara, kondisi arus balik di Pelabuhan Bakauheni pada Minggu (14/4) siang, arus balik penumpang maupun kendaraan berlangsung lancar.

Antrean kendaraan hanya terjadi di dalam area pelabuhan atau tidak meluber hingga ke luar gerbang pelabuhan.

(sfr)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek