Pilihan

Nadiem Klarifikasi soal Pramuka: Tetap Jadi Ekskul Wajib dan Masuk Kurikulum Merdeka - inews

 Nadiem Klarifikasi soal Pramuka: Tetap Jadi Ekskul Wajib dan Masuk Kurikulum Merdeka

Achmad Al Fiqri

Nadiem Klarifikasi soal Pramuka: Tetap Jadi Ekskul Wajib dan Masuk Kurikulum Merdeka Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menjelaskan Pramuka tetap menjadi ekskul wajib (Dok. Kemdikbud)

JAKARTA, iNews.id - Polemik seputar penghapusan kegiatan Pramuka dari kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib di sekolah menjadi perhatian. Isu itu muncul dari Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024.

Komisi X DPR memanggil Mendikbud Ristek Nadiem Makarim untuk menjelaskan terkait polemik tersebut. Nadiem menjelaskan Pramuka tetap jadi ekskul wajib.

Baca Juga

Buntut Pramuka Dihapus dari Ekskul Wajib, Komisi X DPR Bakal Panggil Nadiem Besok

"Mohon tidak lagi dibahas bahwa Pramuka dihapus atau dihilangkan dari sekolah karena peraturannya sangat jelas bahwa itu menjadi ekskul yang wajib diselenggarakan oleh sekolah," ucap Nadiem di DPR, Rabu (3/4/2024).

Nadiem mengungkapkan Pramuka juga dimasukkan ke Kurikulum Merdeka. Dia juga mengenang mengikuti Pramuka sejak kecil dan dinilai sangat bermanfaat.

Baca Juga

Kemendikbud Sebut Sekolah Tetap Wajib Sediakan Pramuka sebagai Ekstrakurikuler

"Saya anak Pramuka, saya SD Pramuka, saya masih ingat pengalaman melakukan berkemah dan jurit malam di SD. Itu satu hal yang membuat saya menjadi memori yang paling positif di SD," ujarnya.

Dia menekankan agar polemik seputar penghapusan Pramuka tidak diperpanjang lagi. Menurutnya, peraturan yang mengatur keberadaan Pramuka di sekolah sudah sangat jelas bahwa Pramuka adalah ekskul wajib yang harus diselenggarakan oleh setiap sekolah.

Baca Juga

Nadiem Makarim Cabut Pramuka Jadi Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah, Ini Penjelasan Kemendibudristek

Namun, bukan berarti pemerintah tidak memperhatikan pentingnya nilai-nilai kepramukaan. Nadiem menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan status Pramuka dari sekadar kegiatan eskul menjadi bagian dari Kurikulum Merdeka. 

"Jadi itu satu hal yang bisa meningkatkan status nilai-nilai Pramuka yang tadinya hanya ekstrakurikuler bisa masuk ke dalam co-kurikuler," paparnya.

Lebih lanjut, Nadiem menambahkan harapannya agar nilai-nilai kepramukaan dapat terus ditanamkan dalam pendidikan anak-anak Indonesia. 

"Apalagi menurut saya lebih menarik lagi kalau bisa dimasukkan ke dalam komponen P5 (projek profil Pancasila) sehingga nilai-nilai kepramukaan bisa mendarah daging di anak-anak kita melalui program co-kurikuler," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Anindito Aditomo menegaskan, Pramuka akan masuk ke dalam Kurikulum Merdeka. Dia pun menegaskan, tak ada penghapusan Pramuka dari kegiatan ekskul di sekolah. 

"Jadi Pramuka tetap ada di Kurikulum Merdeka. Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tetap memasukkan pramuka sebagai salah satu kegiatan ekskul. Jadi kita tegaskan sekali lagi, tidak ada penghapusan," ujar Anindito. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek