Pilihan

Oposisi Menang Lagi di Pilkada Istanbul, Erdogan Bilang Gini - detik

 

Oposisi Menang Lagi di Pilkada Istanbul, Erdogan Bilang Gini

Jakarta 

-

Rakyat Turki memberikan pukulan telak yang terbesar bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan dan partainya, AKP, dalam pemilu daerah (pilkada) di Istanbul, kota terbesar di negara tersebut. Kandidat petahana Ekrem Imamoglu dari oposisi, Partai Rakyat Republik (CHP), kembali memenangi pemilihan Wali Kota Istanbul.

Atas kemenangan oposisi tersebut, Erdogan mengakui kekalahan kubunya.

"Sayangnya, kami belum memperoleh hasil yang kami inginkan," katanya dalam pidatonya di hadapan para pendukungnya di markas besar partainya, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (1/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tentunya kita akan menghormati keputusan bangsa. Kita menghindari bersikap keras kepala, bertindak bertentangan dengan kemauan nasional, dan mempertanyakan kekuatan bangsa," imbuh Erdogan.

Erdogan telah menjadi presiden sejak 2014 dan memenangkan masa jabatan baru pada Mei tahun lalu. Dia menyebut Istanbul sebagai "harta" nasional ketika melancarkan kampanyenya untuk merebut kembali kota tersebut dari partai oposisi

Meski ia mendominasi kampanye, peran pribadinya tidak membantu mengatasi kekhawatiran yang meluas terhadap perekonomian negara.

"Semua orang khawatir tentang kehidupan sehari-hari," kata Guler Kaya, warga Istanbul berusia 43 tahun, saat dia memberikan suaranya. "Krisis ini menelan kelas menengah. Kita harus mengubah semua kebiasaan kita," katanya. "Jika Erdogan menang, keadaan akan menjadi lebih buruk lagi," imbuhnya.

Meskipun partai-partai oposisi terpecah menjelang pemilu, para analis meramalkan masa depan politik yang penuh badai bagi AKP dan sekutunya.

Simak juga 'Saat Jet Tempur di Turki Jatuh saat Latihan, 1 Orang Tewas':

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek