PB IDI Dukung Mayjen TNI (Purn) Dr Roebiono Kertopati Jadi Calon Pahlawan Nasional 2024 - BeritaSatu

 

PB IDI Dukung Mayjen TNI (Purn) Dr Roebiono Kertopati Jadi Calon Pahlawan Nasional 2024

Kamis, 4 April 2024 | 23:42 WIB
Novie Fauziah / NF

Mayjen TNI (Purn) Dr Roebiono Kertopati. (Istimewa/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam rangka Hari Sandi Nasional yang diperingati setiap 4 April, ketua umum PB IDI Dr dr Moh Adib Khumaidi SpOT menyampaikan apresiasi atas inisiasi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Ia juga menyatakan dukungan PB IDI atas usulan Mayjen TNI (purn) dr Roebiono Kertopati sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah pusat.

Adib mengatakan, dukungan PB IDI ini didasarkan alasan bahwa almarhum Roebiono Kertopati telah mewujudkan trias peran dokter, sebagaimana yang diteladankan oleh Dr Wahidin Sudirohusodo, Dr Cipto Mangunkusumo, dr Soetomo dan para dokter pendiri bangsa yaitu dokter sebagai agent of change, agent of development dan agent of treatment.

"Setiap 4 April, Indonesia memperingati Hari Sandi Nasional sebagai tonggak kelahiran cikal bakal lembaga sandi negara yang kini bernama Badan Siber dan Sandi Negara," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (4/4/2024).

Sejarah mencatat, pada pada 4 April 1946 menteri pertahanan yang kala itu dijabat oleh Amir Syarifoeddin, memandang perlu adanya pengamanan komunikasi di kementerian pertahanan dan angkatan perang, serta memerintahkan seorang dokter yang bertugas di kementerian pertahanan, yaitu dr Roebiono Kertopati untuk membentuk Dinas Kode.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Baca Juga

Komentar