Pilihan

SAVAK, Unit Intelijen Iran yang Terkenal Kejam di Era Pahlavi | Sindo news

 

SAVAK, Unit Intelijen Iran yang Terkenal Kejam di Era Pahlavi | Halaman Lengkap

Logo SAVAK, unit intelijen Iran yang terkenal kejam di era Pahlavi. Unit itu telah dibubarkan setelah Revolusi Iran 1979. Foto/wikipedia

JAKARTA 

-

 Iran, 

pada masa pemerintahan Mohamad Reza Pahlavi, memiliki unit intelijen SAVAK yang terkenal kejam. Unit itu telah dibubarkan setelah Revolusi Iran 1979.

SAVAK merupakan akronim Persia untuk Sāzmān-e Ettelā'āt va Amniyat-e Keshvar, yang berarti Biro Intelijen dan Keamanan Negara.

Unit intelijen itu dibentuk pada 20 Maret 1957 dengan bermarkas besar di Teheran. Mereka dibubarkan pada 12 Februari 1979 atas pertintah Perdana Menteri Shapour Bakhtiar.

Menurut laporanTIME terbitan 19 Februari 1979, pada masa puncaknya, SAVAK pernah memiliki sekitar 5.000 anggota.

Baca Juga

Serangan Iran Tak Tewaskan Satu Pun Orang Israel, Ini Respons Khamenei

Sejarah Kemunculan dan Kekejaman SAVAK

Setelah kudeta Iran tahun 1953, Perdana Menteri Mohammad Mosaddeq digulingkan. Awalnya dia fokus pada nasionalisasi industri minyak Iran, namun juga berupaya melemahkan kekuasaan Shah.

Setelah kudeta, raja berkuasa, Mohammad Reza Shah, membentuk badan intelijen dengan kekuasaan polisi. Tujuan Shah adalah memperkuat rezimnya dengan menempatkan lawan politik di bawah pengawasan dan menekan gerakan pembangkang.

Seorang kolonel Angkatan Darat Amerika Serikat yang bekerja untuk CIA dikirim ke Persia atau Iran pada bulan September 1953 untuk bekerja dengan Jenderal Teymur Bakhtiar, yang diangkat menjadi gubernur militer Teheran pada bulan Desember 1953, dan segera mulai membentuk inti organisasi intelijen baru.

Kolonel Angkatan Darat AS bekerja erat dengan Bakhtīār dan bawahannya, memimpin organisasi intelijen baru dan melatih anggotanya dalam teknik intelijen dasar, seperti metode pengawasan dan interogasi, penggunaan jaringan intelijen, dan keamanan organisasi.

Organisasi tersebut adalah badan intelijen modern dan efektif pertama yang beroperasi di Persia. Pencapaian utamanya terjadi pada bulan September 1954, ketika mereka menemukan dan menghancurkan jaringan besar Partai Tudeh komunis yang telah didirikan di angkatan bersenjata Persia.

Pada bulan Maret 1955, kolonel Angkatan Darat tersebut diganti dengan tim yang lebih permanen yang terdiri dari lima perwira karier CIA, termasuk spesialis dalam operasi rahasia, analisis intelijen, dan kontra-intelijen, termasuk Mayor Jenderal Herbert Norman Schwarzkopf yang melatih hampir semua generasi pertama personel SAVAK.

Pada 1956, badan tersebut direorganisasi dan diberi nama Sazeman-e Ettela'at va Amniyat-e Keshvar (SAVAK).

SAVAK mempunyai kekuasaan untuk menyensor media, menyaring pelamar pekerjaan di pemerintahan, dan menggunakan segala cara yang diperlukan, termasuk penyiksaan, untuk memburu para pembangkang.

Pada tahun 1961, pemerintah Iran memecat direktur pertama SAVAK, Jenderal Teymur Bakhtiar, dan dia kemudian menjadi pembangkang politik. Pada tahun 1970, agen SAVAK membunuhnya, menyamarkan aksi itu sebagai kecelakaan.

Jenderal Hassan Pakravan, direktur SAVAK dari tahun 1961 hingga 1966, memiliki reputasi yang hampir baik hati, misalnya makan malam setiap minggu dengan Ayatollah Khomeini saat Khomeini berada dalam tahanan rumah, dan kemudian melakukan intervensi untuk mencegah eksekusi Khomeini dengan alasan bahwa hal itu akan membuat marah rakyat jelata Iran.

Namun, setelah Revolusi Iran, Pakravan termasuk pejabat Shah pertama yang dieksekusi oleh rezim Khomeini.

Lihat Juga: Dinilai Gagal dalam Perang Hamas, Pemimpin Intelijen Militer Israel Mundur

(mas)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek