Pilihan

Cerita Awal Mula Marliah Pensiunan PNS Tiba-tiba Jadi WNA Malaysia Halaman all - Kompas

 

Cerita Awal Mula Marliah Pensiunan PNS Tiba-tiba Jadi WNA Malaysia Halaman all - Kompas

KOMPAS.com - Terkejutnya Marliah, pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) ini saat tiba-tiba jadi warga negara asing (WNA) Malaysia.

Padahal Marliah adalah warga yang selama ini tinggal di RT 05 Jalan Lakitan Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Awal mula kejadian

Inayah, anak Marliah menceritakan awal mula mengetahui ibunya tiba-tiba pindah kewarganegaraan saat ia akan membuat NPWP.

Data dirinya selalu tidak bisa sinkronasi secara terus-terusan.

"Karena tidak sinkron singkron saya ke Capil untuk memperbaiki data saya," ungkap Inayah saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/5/2024).

Baca juga: Marliah Kaget Tiba-tiba Jadi WNA Malaysia, Padahal Tak Pernah ke Luar Negeri

Ketika sampai di kantor Disdukcapil, ternyata data dirinya dengan ibunya sudah terpisah tidak lagi terdaftar sebagai warga negara Indonesia.

"Saya bingung juga kok bisa pindah warga negara, akhirnya orang Disdukcapil kirim surat resmi dari pusat bahwa mama saya benar adanya sudah sah pindah warga negara ke Malaysia," ujarnya.

Inayah pun mengaku heran karena ibunya tidak pernah keluar negeri, apa lagi sampai pindah bekerja sebagai TKW, sedangkan ibunya dulunya adalah seorang PNS di Lubuklinggau (kini baru pensiun).

"Kami pun sekeluarga sudah mengurusinya masalah ini sendiri. orang disdukcapil tidak kasih solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini," bebernya.

Nama dan tanggal lahir sama dengan orang lain

Akhirnya setelah ditelusuri didapatkan data ternyata orang yang pindah warga negara itu, ternyata namanya sama dan tanggal lahir dengan orang ibunya.

Baca juga: WNA Ilegal Masuk Indonesia via Tanjung Balai Diserahkan ke Kejaksaan

"Sama mama saya data persis datanya dan emang bener orang itu pindah warga negara Malaysia," ungkapnya.

Lanjutnya, pihaknya sudah melaporkan kembali data orang tersebut. Namun pihak Dinas Capil tetap tidak mau mengembalikan kewarganegaraan orang tuanya sebelum adanya surat dari pusat.

"Kami sudah mencoba mengurus dan meminta surat tersebut namun kami selalu disuruh untuk menunggu sampai saat ini belum ada jawaban juga terkait kasus tersebut," ujarnya.

Akibat kejadian ini pihaknya sudah mengalami banyak kerugian, terutama kesulitan mengurusi berbagai berkas.

"Selama ini mama saya telah rugi banyak dan mama saya kesulitan dalam mengurus berkas berkas yang memerlukan data mama saya," bebernya.

Penjelasan Disdukcapil Lubuklinggau

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kota Lubuklinggau, Muhammad Iqbal mengatakan awal diketahui kasus ini bermula tanggal 22 Desember 2022 ketika Disdukcapil Lubuklinggau menerima surat tembusan dari SK Kemenkumham.

"Isinya penyampaian warga negara Indonesia berubah kewarganegaraan Malaysia," ungkap Iqbal pada wartawan, Jumat (3/5/2024).

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Jabar Bakal Gandeng Kades untuk Awasi WNA

Iqbal mengatakan, awalnya ada temuan paspor luar negeri atas nama Marliah pindah kewarganegaraan atas kemauannya sendiri ke Malaysia.

"Maka dengan ini keluar saya minta petugas untuk mengecek apakah ada historis warga kita (Lubuklinggau) yang ingin pindah warga negara Malaysia. Karena ini berawal dari konsultan jendral Malaysia," ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya berkoordinasi dengan Dirjen kependudukan, kemudian pak Dirjen membuat surat ditujukan ke Disdukcapil Lubuklinggau.

"Langsung disurati perintahnya, menindaklanjuti surat penyampaian keputusan Kemenkumham dengan nama orang yang hilang kewarganegaraan RI," ungkapnya.

Dalam surat itu menyatakan bahwa nama Marliyah hilang kewarganegaraan untuk diproses lebih lanjut tentang kewarganegaraannya.

Baca juga: Memaksa Minta Donasi untuk Palestina, 2 WNA Diamankan Imigrasi

Menurutnya, memang ada permintaan langsung untuk mengembalikan NIK yang bersangkutan tapi kami bukan tidak mau artinya belum harus menunggu jawaban dari Dirjen lebih dahulu.

Oleh karena itu progresnya selalu kami sampaikan kepada keluarga yang bersangkutan baik dengan anaknya dan menantinya agar bersabar.

"Kemaren sudah ditandatangani pak direktur insyallah dalam waktu dekat selesai. Apa pun dari Dirjen akan kami tindak lanjuti," ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Viral Warga Lubuklinggau Tiba-tiba Berubah Menjadi WNA Malaysia, Disdukcapil Terima SK Kemenkumham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek