Pilihan

Israel Disebut Bunuh 200 Orang di Tenda Pengungsi Rafah, Banyak yang Terbakar Hidup-Hidup - inews

 

Israel Disebut Bunuh 200 Orang di Tenda Pengungsi Rafah, Banyak yang Terbakar Hidup-Hidup

Ahmad Islamy Jamil
Israel Disebut Bunuh 200 Orang di Tenda Pengungsi Rafah, Banyak yang Terbakar Hidup-Hidup
Seorang pria menyaksikan warga Palestina memeriksa tenda-tenda pengungsi yang rusak akibat serangan Israel selama operasi militer Israel, di Rafah, di selatan Jalur Gaza, 28 Mei 2024. (Foto: Reuters)

HAMILTON, iNews.id – Jumlah korban jiwa akibat serangan udara Israel di RafahJalur Gaza Selatan, pada Minggu (26/5/2024) lalu, lebih banyak dari yang diperkirakan. PBB menyebut sedikitnya 200 orang gugur dalam tragedi itu. 

“Menurut beberapa sumber medis internasional yang berbicara dengan tim kami, sedikitnya 200 orang tewas dalam serangan itu, di antaranya perempuan dan anak-anak,” ungkap Direktur Komunikasi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB (UNRWA), Juliette Touma, kepada wartawan dalam konferensi pers virtual, Selasa (28/5/2024).

Dia menekankan bahwa dampak dari serangan zionis itu sangatlah besar. Tragedi itu semakin menambah ketakutan masyarakat Gaza akan kematian yang mengancam mereka. Mengingat lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Rafah sejak 6 Mei, Touma menyatakan, proses pengungsian warga di kota itu masih berlangsung.

Dia menduga orang-orang tersebut telah mengungsi beberapa kali sebelumnya, sementara pemboman besar-besaran di daerah itu oleh Israel terus berlanjut.

Menurut catatan UNRWA, hanya 200 truk bantuan yang dapat melewati Rafah dalam tiga minggu terakhir. “Ini tentu saja merupakan sebuah penurunan di tengah terus meningkatnya kebutuhan kemanusiaan masyarakat (di Gaza),” ujar Touma seperti dikutip Anadolu.

Menurut dia, Gaza saat ini membutuhkan sedikitnya 500 truk bantuan, yang sudah mencakup pasokan makanan dan pasokan kemanusiaan.

Serangan udara Israel di Rafah, akhir pekan lalu, menyebabkan sedikitnya 45 orang tewas. Sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Tak hanya itu, hampir 250 orang lainnya terluka dalam serangan tersebut. Menurut kantor media Pemerintah Paletina di Gaza, ledakan terjadi di dekat pangkalan logistik UNRWA di kamp pengungsi Tal al-Sultan.

Laporan lainnya dari The New Humanitarian menyebutkan, serangan zionis itu memicu kobaran api yang melalap tenda pengungusi Palestina di Rafah. Banyak korban terbakar hidup-hidup di dalam tenda-tenda mereka, dan lebih dari 200 orang lainnya mengalami luka-luka.

Perang Israel yang berlangsung hampir delapan bulan di Gaza telah menyebabkan lebih dari 36.000 warga Palestina gugur. Konflik itu juga melukai lebih dari 81.100 orang lainnya.

Operasi militer Israel telah mengubah sebagian besar wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu menjadi reruntuhan. Serangan zionis juga menyebabkan sebagian besar warga sipil Gaza kehilangan tempat tinggal, dan berisiko menghadapi bencana kelaparan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil
Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved
x

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek