Pilihan

Jadi Wali Kota London Ketiga Kalinya, Sadiq Khan Sering Diancam Karena Beragama Islam - Liputan6.

 Jadi Wali Kota London Ketiga Kalinya, Sadiq Khan Sering Diancam Karena Beragama Islam

Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Sadiq Khan kembali menjadi Wali Kota London ketiga kalinya pada Sabtu (4/5/2024). Sebagai Wali Kota London, Sadiq Khan adalah salah satu wajah paling terkenal dalam politik Inggris. Namun dia mengatakan dia sering bertanya-tanya apakah pekerjaan itu sepadan.

Sejak tahun 2017, ia telah menerima perlindungan polisi sepanjang waktu terhadap ancaman keselamatannya. Menurutnya ini bahkan setara dengan keamanan yang diberikan kepada Raja Charles III dan Perdana Menteri Rishi Sunak. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya bagi seorang pejabat kota.

Sadiq Khan adalah Muslim pertama yang menjabat di kantor itu. Dan ada laporan bahwa dia telah menerima ancaman kekerasan baik dari kelompok sayap kanan maupun ekstremis Islam.

"Saya tidak pernah ingin berperan sebagai korban. Tapi ini tentang generasi berikutnya yang bercita-cita menjadi politisi," kata Khan kepada NPR dalam sebuah wawancara bulan lalu di sebuah acara yang memperingati bulan suci Ramadhan.

Sebagai anggota oposisi Partai Buruh, ia pertama kali terpilih sebagai walikota pada tahun 2016 dan kembali terpilih untuk jabatan itu pada bulan Mei ini.

Sejak serangan yang dipimpin Hamas di Israel pada 7 Oktober, keadaan menjadi semakin buruk. Insiden Islamofobia di Inggris meningkat sebesar 335%, menurut Tell MAMA, sebuah badan amal yang memantau kebencian dan pelecehan anti-Muslim di negara tersebut. 

Insiden antisemitisme juga meningkat, menurut Community Security Trust, yang membantu melindungi komunitas Yahudi di negara tersebut.

Baik Perdana Menteri Rishi Sunak, dari Partai Konservatif, maupun pemimpin Partai Buruh Keir Starmer terlibat dalam perdebatan mengenai prasangka dan rasisme di partainya masing-masing.

Pada bulan Februari, wakil ketua Partai Konservatif, Lee Anderson, mengatakan di televisi Inggris bahwa dia yakin kelompok Islam telah “mendapat kendali” atas walikota London. Anderson diskors dari partainya karena komentarnya yang banyak dianggap Islamofobia. Akibatnya, Sadiq Khan menerima ancaman pembunuhan.

“Mengapa Anda, sebagai seseorang yang beragama Islam, ingin menjadi politisi, mengetahui apa yang dialami oleh politisi yang berlatar belakang kita?” Khan memberitahu NPR. “Jika Anda adalah orang tua, mengapa Anda mendorong anak-anak Anda menjadi politisi?”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Inggris yang dipimpin oleh orang-orang bukan kulit putih

Inggris yang dipimpin oleh orang-orang bukan kulit putih

Wali Kota London Sadiq Khan

Wali Kota London Sadiq Khan (AP Photo/Matt Dunham)

Inggris telah mencapai kemajuan – namun berisiko mengalami kemunduran, katanya

Untuk pertama kalinya, Inggris tidak memiliki orang kulit putih yang memimpin empat pemerintahan utamanya. Sunak, yang lahir di Inggris dari orang tua keturunan India kelahiran Afrika, adalah perdana menteri Inggris pertama yang berkulit hitam. 

Pemimpin Skotlandia, Humza Yousaf, adalah seorang Muslim keturunan Pakistan. Pemimpin Welsh kelahiran Zambia, Vaughan Gething, adalah kepala pemerintahan kulit hitam pertama di Eropa. Irlandia Utara dipimpin oleh dua wanita.

Khan mengatakan keberagaman dalam politik Inggris adalah bukti bahwa Inggris telah mencapai kemajuan dalam mengatasi rasisme dan diskriminasi terhadap kelompok minoritas.

“Ketika ayah saya pertama kali datang ke negara ini pada tahun 1960an, ada tanda-tanda di wisma dan gedung-gedung publik yang bertuliskan 'tidak ada orang kulit hitam, tidak ada orang Irlandia, tidak ada anjing.' Yang dimaksud dengan 'Orang Kulit Hitam' adalah siapa saja yang berkulit berwarna,” kata Khan. 

“Dalam satu generasi, salah satu anaknya menjadi walikota London.”

Namun dia memperingatkan agar tidak berpuas diri, di tengah meningkatnya rasisme yang dipicu oleh kampanye untuk meninggalkan Uni Eropa, yang berujung pada pemungutan suara Brexit pada tahun 2016.

“Saya khawatir Anda melihat peningkatan hal-hal yang kami pikir sudah hilang selamanya,” katanya. "Rasa frustrasi yang saya rasakan dulu, jika Anda berbicara dengan saya lima atau 10 tahun yang lalu, adalah kurangnya urgensi atas kemajuan. Kekhawatiran yang saya miliki sekarang adalah kita bisa mengalami kemunduran."

Ancaman pembunuhan bagi politisi muslim

Sadiq Khan yang terpilih kembali jadi wali kota London, bersama istrinya Saadiya Ahmed. (AP/Kin Cheung)

Sadiq Khan yang terpilih kembali jadi wali kota London, bersama istrinya Saadiya Ahmed. (AP/Kin Cheung)

Anggota parlemen khawatir akan risiko terhadap kehidupan mereka

Politisi Muslim Inggris telah melaporkan peningkatan pelecehan dan ancaman pembunuhan yang mereka terima sejak dimulainya perang Israel-Hamas di Gaza pada bulan Oktober.

Keamanan anggota parlemen di Inggris merupakan kekhawatiran serius, terutama setelah dua pembunuhan dalam beberapa tahun terakhir. Politisi Partai Buruh Jo Cox dibunuh pada tahun 2016 oleh seorang supremasi kulit putih. 

Lima tahun kemudian, seorang anggota parlemen Konservatif, David Amess, ditikam hingga tewas saat bertemu dengan para pemilih di Inggris bagian timur. Pembunuh Amess terinspirasi oleh propaganda ISIS.

Khan mengatakan pembunuhan sebelumnya harus menjadi peringatan bagi para pemimpin politik tentang retorika yang memecah belah.

“Kita harus menyadari beberapa orang menjadi radikal karena politisi ‘arus utama’ yang bertanggung jawab mengatakan hal-hal yang secara historis hanya akan mereka lihat di kalangan pinggiran,” katanya.

Sadiq Khan, Muslim yang Cetak Sejarah 3 Kali Jadi Wali Kota London

Walikota London Ramadan 2023

Walikota London Sadiq Khan memimpin acara hitung mundur menyalakan dekorasi lampu Ramadan. (Dok. Instagram/@mayorofldn/https://www.instagram.com/p/CqEKNsMoAFy/Dyra Daniera)

Sadiq Khan mencetak sejarah pada Sabtu (4/5/2024), karena menjadi wali kota pertama yang terpilih untuk masa jabatan ketiga. Sosok Muslim tersebut berjanji akan membersihkan Sungai Thames hingga bisa dipakai untuk berenang. Demikian mengutip laporan VOA Indonesia, Minggu (5/5).

Sadiq Khan yang berusia 53 tahun, melansir AFP, menjadi pemimpin London pertama yang mendapatkan tiga masa jabatan sejak jabatan tersebut dibentuk pada tahun 2000.

CNBC melaporkan bahwa Kemenangan Khan, yang merupakan kemenangan ketiga berturut-turut sudah diperkirakan secara luas meskipun ada kemarahan masyarakat atas kejahatan pisau dan Ultra Low Emission Zone (ULEZ) atau Zona Emisi Ultra Rendah yang membebankan biaya harian kepada pengemudi kendaraan yang lebih tua dan lebih berpolusi.

Polusi di Sungai Thames bukan isu kampanye utama, tapi hal itu adalah tujuan yang berani mengingat jalur air tersebut dinyatakan mati secara biologis tidak lama sebelum kelahiran Khan di London pada 1970 dan mengalir sebagai semacam saluran pembuangan terbuka ketika hujan deras mengguyur sistem perpipaan kuno London.

Menjinakkan Sungai Thames bukanlah kali pertama Khan berenang melawan arus. Narasinya dibangun untuk mengatasi rintangan.

Meski sukses dalam pemilu, Khan bukanlah wali kota yang sangat populer. Dia dituding atas banyak masalah, banyak di antaranya berada di luar kendalinya.

Selengkapnya...

Infografis PDIP Sebut Jokowi dan Gibran Bukan Kader Lagi. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis PDIP Sebut Jokowi dan Gibran Bukan Kader Lagi. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek