Pilihan

Kehidupan Suku Aborigin Formosa di Taiwan yang Mirip Suku Dayak di Kalimantan - suara

 

Kehidupan Suku Aborigin Formosa di Taiwan yang Mirip Suku Dayak di Kalimantan



SuaraKaltim.id - Suku Dayak di Kalimantan merupakan salah satu suku yang masih serumpun dengan beberapa suku di Asia Tenggara yang masuk ke dalam perkumpulan Austronesia.

Salah satu suku lain di luar negeri yang termasuk dalam perkumpulan Austronesia ini adalah Suku Formosa yang berada di Taiwan.

Suku Formosa ini merupakan salah satu suku asli yang mendiami Taiwan yang diperkirakan penduduknya ada sekitar 2 persen dari populasi Taiwan.

Adapun suku Formosa ini masih berada dalam kelompok aborigin dan dipercaya oleh para ahli sejarah mereka sudah bermigrasi ke Taiwan sekira ribuan abad yang lalu.

Baca Juga:

Untuk lebih mengenal mengenai suku ini, pengunjung bisa bertandang langsung ke Taiwan dan mengunjungi sebuah desa budaya bernama Formosan Aboriginal Culture Village.

Dalam desa budaya itu, pengunjung bisa lebih dekat untuk mengenal dan mempelajari seluk beluk budaya dan kehidupan orang Austronesia.

Formosan Aboriginal Culture Village ini berada di Kotapraja Yuchi, Kabupaten Nantou,  dan terdiri dari sembilan desa di lereng bukit di atas Amusement Isle.

Di desa budaya Aborigin Formosa, masyarakat dapat mengamati gaya hidup suku tradisional Taiwan dan melihat bagaimana beragam tradisi asli penduduk sana.

The China Post menginformasikan bahwa desa tersebut memiliki luas 62 hektar dan terbagi menjadi sembilan desa dengan masing-masing desa mewakili komunitas suku aborigin yang berbeda-beda.

Baca Juga:

Perjalanan menuju ke desa ini sangat menarik karena pengunjung mendapat kesempatan untuk menikmati banyak kekayaan alam dan budaya untuk rekreasi dan edukasi dalam satu hari penuh.

Sebab, di taman ini terdiri dari tiga area utama yakni taman hiburan, area aktivitas para penduduk di "Taman Desa Aborigin", dan taman Eropa.

Di Taman Desa, para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan tradisional, yang semuanya merupakan penduduk asli Taiwan, penduduk asli Taiwan menampilkan tarian tradisional yang mewakili suku asli Taiwan.

Kemudian di taman hiburan biasanya juga menampilkan pertunjukan budaya asli, arsitektur, pakaian tradisional, kerajinan tangan, dll. Bahkan ada pertunjukan musik dan demonstrasi kerajinan di Alun-Alun Budaya desa.

Taiwan dengan sebaran kelompok aborigin ini telah berhasil menghidupkan wilayah menjadi desa wisata dengan budaya tradisional dari mereka yang masih asli dan terus dilestarikan.

Kontributor : Maliana

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek