Pilihan

Mendag Minta Masyarakat Timbang Elpiji 3 Kilogram Saat Membeli agar Tidak Tertipu - BeritaSatu

 

Mendag Minta Masyarakat Timbang Elpiji 3 Kilogram Saat Membeli agar Tidak Tertipu

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta masyarakat lebih cermat dalam membeli gas elpiji ukuran 3 kilogram. Ia menyarankan agar melakukan penimbangan saat akan membeli gas elpiji, khususnya gas 3 kilogram. Hal ini dilakukan agar masyarakat tak tertipu dengan aksi oknum yang mengurangi takaran isi gas 3 kilogram.

ADVERTISEMENT

"Tabung ini kira-kira kalau kosong itu 5 kilogram, kalau diisi 3 kilo jadi 8 kilogram. Di sini rata-rata isinya itu antara 2,4 atau 2,3 kg, berarti kekurangannya 600 gram sampai 700 gram. Nah, bayangin di sini satu hari berapa. Di SPBE ini saja ada 14.000 tabung yang di distribusi per hari," ucapnya Zulhas kepada awak media di SPPBE PT Satria Mandala Sakti, Koja, Jakarta Utara pada Senin (27/5/2024).

Ia melanjutkan akan melakukan investigasi ke seluruh kota di Indonesia setelah menemukan indikasi kecurangan dalam pengisian gas elpiji 3 kilogram.

Temuan awal menunjukkan bahwa isi tabung gas berkurang antara 200 hingga 700 gram per tabung, sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan konsumen.

"Kami mulai kemarin, Jakarta dahulu. Setiap provinsi kami akan cek dalam dua sampai tiga bulan ini," papar Zulhas.

Zulhas menegaskan akan mengambil tindakan tegas terhadap para distributor yang terbukti melakukan kecurangan. Tindakan pertama yang akan diambil berupa sanksi administratif.

Namun, jika ditemukan adanya tindak pidana, Kementerian Perdagangan tidak akan segan-segan bekerja sama dengan kepolisian untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

"Kita melakukan pendekatan-pendekatan administratif, tetapi kalau ditemukan unsur pidana, kita akan laporkan pada pihak berwajib karena ini menyangkut hal yang sangat penting bagi masyarakat kecil," pungkas Zulhas.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek