Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Pamer Infrastruktur Air di KTT WWF Bali, Jokowi: Waduk Cirata PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara! - suara

 

Pamer Infrastruktur Air di KTT WWF Bali, Jokowi: Waduk Cirata PLTS Terapung Terbesar di Asia Tenggara!



Suara.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi membeberkan upaya yang telah dilakukan Indonesia dalam memperkuat infrastruktur air di hadapan delegasi KTT World Water Forum ke-10 di Bali.

Jokowi menyampaikan apa yang sudah dilakukan dalam sepuluh tahun terakhir.

"Indonesia telah memperkuat infrastruktur airnya dengan membangun 42 bendungan; 1,18 juta hektare jaringan irigasi; 2.156 kilometer pengendali banjir dan pengamanan pantai serta merehabilitasi 4,3 juta hektare jaringan irigasi," kata Jokowi dalam sambutannya membuka forum dilihat melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/5/2024).

Jokowi mengatakan air juga dimanfaatkan untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya.

"PLTS terapung di Waduk Cirata sebagai PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, World Water Forum yang diselenggarakan ke-10 ini merupakan forum sangat strategis untuk merevitalisasi aksi nyata dan komitmen bersama dalam mewujudkan manejemen sumber daya air terintegrasi.

"Ada tiga hal yang Indonesia konsisten dorong. Yang pertama meningkatkan prinsip solidaritas dan inklusivitas untuk mencapai solusi bersama terutama bagi negara-negara pulau kecil dan yang mengalami kelangkaan air," ujar Jokowi.

Kedua, lanjut Jokowi, memberdayakan hydro diplomacy untuk kerja sama konkret dan inovatif serta menjauhi persaingan dalam pengelolaan sumber daya air lintas batas. 

Sedangkan ketiga, yakni memperkuat political leadership sebagai kunci sukses berbagai kerja sama menuju ketahanan air berkelanjutan.

"Dan melalui forum ini Indonesia mengangkat empat inisiatif baru, yaitu penetapan world lake day, yang kedua pendirian center of excellence di Asia Pasifik, yang ketiga tata kelola air berkelanjutan di negara pulau kecil, dan yang keempat penggalangan proyek-proyek air," tutur kepala negara.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek