Pilihan

Presiden Iran Meninggal, Putin Sebut Tragedi Besar: Dia Sahabat Sejati Rusia! - inrws

 

Presiden Iran Meninggal, Putin Sebut Tragedi Besar: Dia Sahabat Sejati Rusia!

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan telegram berisi ungkapan belasungkawa kepada Iran, sehubungan dengan meninggalnya pemimpin Negeri Persia itu, Presiden Ebrahim Raisi. Ungkapan duka itu disampaikan Putin kepada Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei, hari ini.

“Khamenei yang terhormat, terimalah belasungkawa mendalam saya atas tragedi besar yang menimpa rakyat Republik Islam Iran, kecelakaan pesawat yang merenggut nyawa Presiden Ebrahim Raisi, serta nyawa sejumlah tokoh pemerintahan terkemuka lainnya di negara Anda," bunyi telegram tersebut seperti diumumkan oleh Kremlin (Istana Kepresidenan Rusia), Senin (20/5/2024).

Putin pun memuji Raisi sebagai politikus yang luar biasa yang mengabdikan hidupnya pada negaranya. “Sebagai sahabat sejati Rusia, dia memberikan kontribusi pribadi yang sangat berharga bagi pengembangan hubungan bertetangga yang baik antara negara kita dan melakukan upaya besar untuk membawa mereka ke tingkat kemitraan strategis,” kata telegram itu lagi.

Wakil Presiden Iran, Mohsen Mansouri, membenarkan laporan media yang menyebut Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter di barat laut Iran, kemarin. Tak hanya sang presiden, sejumlah pejabat lainnya termasuk Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, juga meninggal dalam kecelakaan itu.

Puing-puing helikopter Raisi pertama kali terdeteksi oleh drone Turki, Bayraktar Akinci, pada Senin (20/5/2024) dini hari waktu setempat. Posisi bangkai kendaraan itu ditemukan dengan menggunakan teknologi pelacak panas. Pascapenemuan posisi heli itu, otoritas Turki lalu melanjutkan informasi tersebut ke pihak berwenang Iran.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek