Pilihan

Progres Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Capai 81 Persen, Siap Gelar Upacara 17 Agustus 2024 - inees

 

Progres Pembangunan Infrastruktur Dasar IKN Capai 81 Persen, Siap Gelar Upacara 17 Agustus 2024

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga saat ini sudah mencapai 81 persen. Sejumlah proyek telah siap dioperasikan pada Agustus 2024 mendatang. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan, sejumlah proyek yang siap dioperasikan pada Upacara 17 Agustus nanti merupakan yang sudah dilelang pada batch 1.

"Insyaallah sudah siap semuanya, untuk menyambut perayaan upacara 17 Agustus mendatang," ujar Basuki di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (6/5/2024). 

Basuki menambahkan, beberapa proyek yang ditargetkan sudah siap beroperasi sebelum 17 Agustus mendatang, seperti pembangunan reservoir yang akan menyuplai air minum bagi warga IKN. 

Reservoir IKN yang sudah terbangun mempunyai kapasitas 2 x 6.000 liter. Nantinya, air yang dialirkan dari reservoir akan langsung bisa diminum oleh masyarakat. 

Kemudian, pembangunan Multi-utility Tunnel (MUT) di IKN yang ditargetkan rampung sepanjang 26 kilometer (km) sebelum Agustus 2024. Kehadiran MUT nantinya akan menjadi tempat penampungan kabel, sanitasi, hingga jalur distribusi air perpipaan ke IKN. 

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, pembangunan lapangan upacara saat ini progresnya sudah mencapai 90 persen. Sehingga, lapangan upacara tersebut sudah siap digunakan untuk upacara 17 Agustus mendatang. 

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek