Pilihan

Turki Putuskan Hubungan Dagang dengan Israel, Ankara: Berlaku untuk Semua Barang! - inews

 

Turki Putuskan Hubungan Dagang dengan Israel, Ankara: Berlaku untuk Semua Barang!

ANKARA, iNews.id - Turki telah menghentikan sepenuhnya perdagangan dengan Israel. Keputusan tersebut akan berlaku sampai Israel memastikan pengiriman bantuan ke Jalur Gaza berjalan tanpa gangguan.

Hal itu dikonfirmasi oleh Kementerian Perdagangan Turki pada Kamis (2/5/2024). Sebelumnya, pada hari yang sama, media melaporkan bahwa Turki menghentikan semua impor dan ekspor ke dan dari Israel pada Kamis. Kabar tersebut menuai reaksi keras dari pejabat zionis.

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menuduh Ankara melanggar perjanjian perdagangan kedua negara. Dia mengatakan, Israel akan mencari alternatif dengan fokus pada impor dari negara-negara lain.

Kementerian Perdagangan Turki menyebutkan, Ankara sebelum ini sebenarnya telah membatasi ekspor 54 jenis barang ke Israel. Di antaranya berupa bahan bakar penerbangan dan oli motor.

Akan tetapi, agresi zionis di Jalur Gaza, Palestina, masih saja berlangsung. Karena itulah, Ankara mengambil langkah yang lebih keras, yaitu menyetop semua hubungan dagang dengan Israel.

“Mempertimbangkan fakta ini, langkah-langkah tahap kedua telah diambil di tingkat negara – transaksi ekspor dan impor yang terkait dengan Israel telah dihentikan, langkah-langkah tersebut berlaku untuk semua barang,” ungkap kementerian itu.

Pernyataan itu juga mengatakan, keputusan tersebut akan berlaku sampai Israel dapat memastikan pasokan bantuan kemanusiaan yang memadai dan tidak terputus ke Jalur Gaza.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek