Pilihan

Viral Nama New Moscow di Peta Canggu Bali, Polisi: Cuma Orang Iseng - Kompas

 

Viral Nama New Moscow di Peta Canggu Bali, Polisi: Cuma Orang Iseng

DENPASAR, KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial yang menyebut peta wilayah Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, telah berubah nama menjadi New Moscow.

Informasi itu juga menyertakan tangkapan gambar peta tengah tertulis dalam bahasa Rusia, New Москва.

Dari hasil penelusuran Kompas.com melalui Google Maps dan Google Earth, pada Rabu (15/5/2024), tidak ditemukan label New Moscow tersebut di peta teritorial Kabupaten Badung.

Baca juga: Bea Cukai dan Polri Berhasil Bongkar Laboratorium Narkotika Ilegal di Bali

Kemudian, gambar peta seperti dalam unggahan itu juga tetap tertulis Canggu di peta online tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan mengatakan, gambar peta Canggu dengan label New Moscow itu diunggah oleh warganet yang iseng.

Baca juga: Menilik Lab Narkoba Rahasia di Bali, Barang Terlarang Diracik di Bunker Vila

"Yang berlaku di Indonesia sendiri belum ada perubahan petanya masih di Canggu dicek di Google (peta online) pun tidak ada nama sesuai dibuat dan diviralkan itu," kata dia, Rabu.

Jansen mengatakan, pihaknya akan mendalami apakah ada unsur pelanggaran hukum dalam unggahan gambar peta yang viral tersebut.

"Kalau hanya penyebutan-penyebutan saja kita akan dalami nanti apakah ada aturan hukum dilanggar di situ. Kalau ada pelanggaran hukum, siapa pun pasti akan kami tindak, tapi sementara kita anggap itu orang-orang iseng saja," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek