Pilihan

Waspada, Sejumlah Wilayah Berpotensi Karhutla saat Puncak Musim Kemarau Juli-Agustus - inews

 

Waspada, Sejumlah Wilayah Berpotensi Karhutla saat Puncak Musim Kemarau Juli-Agustus

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah wilayah berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat puncak musim kemarau pada Juli-Agustus 2024. Wilayah yang berpotensi karhutla pada Juli yakni Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Sumatera Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun wilayah yang berpotensi karhutla pada Agustus yakni Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan sebagian dari Lampung, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. 

"Kondisi tersebut juga bertahan khususnya yang di Selatan. Masih perlu diwaspadai peluang terjadinya Karhutla,” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan dalam konferensi pers melalui Zoom, Jumat (15/3/2024).

Pada puncak kemarau, kata Ardhasena, ada perluasan sekaligus perpindahan wilayah dengan potensi karhutla dengan risiko menengah maupun risiko tinggi. Peningkatan yang signifikan untuk wilayah rawan di Pulau Sumatera pada bulan Agustus dan perluasan potensi karhutla di wilayah Pulau Kalimantan bagian selatan.

Adapun wilayah Jawa bagian timur dan Papua bagian selatan menjadi titik dengan kelas risiko paling signifikan pada September.

Sebelumnya, sebanyak 217 zona musim atau 31,22% mengalami puncak musim kemarau pada Juli. Selain itu, sebanyak 317 zona musim atau 45,61% akan mengalami puncak musim kemarau pada Agustus 2024.

“Yaitu meliputi sebagian Sumatera Selatan, Jawa Timur, sebagian besar Pulau Kalimantan, Bali, NTB, NTT, sebagian besar pulau Sulawesi, Maluku, dan sebagian besar Pulau Papua,” kata 
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Jumat (15/3/2024). 

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek