Pilihan

5 Kriteria Es Krim Sehat Menurut Ahli Gizi, Apa Saja? - detik

 

5 Kriteria Es Krim Sehat Menurut Ahli Gizi, Apa Saja?

Jakarta 

-

Nikmatnya es krim yang segar dan lembut seringkali dikhawatirkan terkait kandungan kalorinya. Seorang ahli gizi sebutkan syarat-syarat es krim yang sehat.

Setelah menyantap makanan utama yang nikmat, waktunya untuk menutup sesi makanan dengan dessert atau hidangan penutup yang manis. Salah satu dessert yang paling populer dan banyak dicari adalah es krim yang lembut, dingin, dan manis.

Tetapi konsumsi es krim seringkali mengkhawatirkan bagi mereka yang telah melakoni diet. Kadar kalori di dalam es krim yang cukup tinggi membuat sebagian orang juga merasa ketar-ketir ketika akan mengonsumsinya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ternyata ada beberapa hal yang dapat dinilai guna menentukan apakah es krim yang akan dinikmati cukup sehat atau tidak. Frances Largeman-Roth selaku ahli gizi terdaftar memiliki trik untuk memastikan sebuah es krim cukup sehat untuk dinikmati.

Baca juga: Penasaran dengan Cadaver, Dokter Ini Bikin Sesi Makan Khusus Jeroan

Berikut ini 5 syarat es krim yang sehat seperti dilansir Today (27/6):

5 Kriteria Es Krim Sehat Menurut Ahli Gizi, Apa Saja?Label bahan pada kemasan es krim harus diperhatikan. Foto: Getty Images/iStockphoto/ahirao_photo

1. Bahan alami

Ketika akan membeli es krim, sebaiknya memerhatikan penjelasan pada kemasannya. Tak hanya tanggal kadaluarsa tetapi juga bahan-bahan yang digunakan di dalam es krim kemasan yang akan dikonsumsi.

Walaupun tak akan mengerti semua istilah dalam bahannya, tetapi pastikan untuk mengenali beberapa bahan utamanya. Apalagi penting untuk mengetahui penggunaan perisa pada beberapa varian rasa tertentu.

"Aku kalau membeli es krim pasti melihat bahan-bahan aslinya, seperti krim, susu, gula, vanila ekstrak, kuning telur, dan perisanya," ujar Largeman-Roth.

2. Sedikit tambahan gula

Pada pembuatan es krim tentu dibutuhkan gula atau pemanis lain sebagai penambah rasa. Walau bagaimanapun es krim termasuk camilan manis atau makanan penutup yang jika tidak manis akan dianggap kurang lengkap.

Tetapi kadar asupan pemanis yang masuk melalui es krim juga dapat dikenali. Pada bagian label bahan perhatikan baik-baik kadar atau jumlah gula yang digunakan dalam satu kali penyajiannya.

Untuk orang dewasa, batasan konsumsi gula perlu dikhawatirkan karena dapat berdampak pada risiko diabetes. American Heart Association sebagai pengamat penyakit jantung dan kardiovaskuler dunia membatasi asupan gula harian yang aman hanya 25 - 36 gram saja per hari.

Beberapa pengganti alternatifnya bisa disimak di halaman berikutnya.

3. Sedikit krim

Semua es krim tentu akan menggunakan tambahan krim sebagai sumber lemaknya. Es krim tidak dapat membeku dengan halus jika tidak memiliki kadar lemak yang tepat.

Tetapi antara satu jenis es krim dengan jenis lainnya memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda. Maka masih ada kesempatan untuk memilih jenis es krim yang paling rendah kadar krimnya.

Roth, menyarankan untuk memiliki gelato dibandingkan es krim biasa. Jika merujuk pada resep aslinya di Italia, gelato menggunakan kadar krim yang jauh lebih rendah daripada es krim kemasan biasa.

4. Alternatif es krim rumahan

5 Kriteria Es Krim Sehat Menurut Ahli Gizi, Apa Saja?Cara terbaik mendapatkan es krim yang sehat adalah dengan membuat sendiri. Foto: Getty Images/iStockphoto/ahirao_photo

Singkatnya, Roth menyarankan untuk selalu mengendalikan asupan es krim yang diterima oleh tubuh. Jika tak ingin repot cara terbaik untuk mendapatkan es krim yang sehat adalah dengan membuat es krim sendiri secara rumahan.

Bagi Roth membuat es krim sendiri jauh lebih memudahkan untuk menyesuaikan bahan-bahannya. Mulai dari menyesuaikan dengan alergi makanan yang dimiliki maupun mengganti perisanya dengan yang lebih sehat seperti buah dan rempah-rempah.

"Itu (membuat es krim rumahan) akan lebih bebas untuk dikonsumsi, bebas alergen yang harus dihindari atau beberapa bahan penstabil dan pemanis," ujar Roth.

5. Frozen yogurt sebagai penggantinya

Akibat inovasi yang begitu pesat, ada banyak pilihan es krim yang sama lembutnya tetapi lebih sehat. Roth menyebut salah satu yang paling direkomendasikannya adalah frozen yogurt atau dikenal juga dengan istilah froyo.

Alasannya karena bahan pembuat frozen yogurt tidak menggunakan banyak susu dan krim yang berlemak tinggi. Sesuai dengan namanya, menu ini dibuat dari yogurt yang justru melalui proses fermentasi.

Yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang lebih sehat untuk menjaga mikrobiota di dalam usus. Selain itu frozen yogurt sudah pasti menggunakan campuran gula atau pemanis yang jauh lebih rendah daripada es krim biasanya.

Baca juga: Pecahkan Rekor, TikToker Ini Lahap Habis Nasi Kandar Rp 1 Juta

(dfl/odi)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek