Pilihan

Pasukan Kapal Selam China Membuat Terobosan Bersejarah - Sindomews

ANALISIS: Rudal Presisi & Drone Hizbullah Sulit Dibendung, Jebakan Mematikan Mengintai IDF di Utara - Halaman all - Tribunnews

 

ANALISIS: Rudal Presisi & Drone Hizbullah Sulit Dibendung, Jebakan Mematikan Mengintai IDF di Utara - Halaman all - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, BEIRUT - Pertempuran Israel dengan Kelompok Muslim Syiah dari Lebanon, Hizbullah, semakin sengit, pertukaran serangan di perbatasan utara negeri Yahudi itu kain intensif.

Saling serang antara Hizbullah dan militer Israel telah menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak.

Di sisi Hizbullah, mereka telah kehilangan lebih dari 300 pejuang, dan penembakan Israel mengakibatkan puluhan ribu penduduk Lebanon di desa-desa selatan negara itu mengungsi.

Israel juga tidak bernasib lebih baik, dengan sedikitnya 60 ribu pemukim di wilayah utara terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Meskipun tentara pendudukan telah mengkonfirmasi kematian sekitar selusin tentaranya dalam baku tembak dengan Hizbullah, jumlah sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi.

Siapkah tentara Israel atau IDF berperang habis-habisan di Utara melawan Hizbullah, kelompok muslim Syiah yang selama ini didukung Iran?

Analisa di bawah ini berdasarkan tulisan pengamat Timur Tengah, Ali Rizk, yang diposting di situs The Cradle.

Meningkatnya ancaman perang skala besar

Meskipun konflik di wilayah utara saat ini masih berada dalam batas-batas ‘eskalasi terkendali’, prospek perang besar-besaran antara Hizbullah dan Israel mungkin akan terus meningkat.

Anggota sayap kanan pemerintah Israel, yang berperan penting dalam menjaga keutuhan koalisi pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menjadi lebih vokal dalam mendukung eskalasi konflik di Lebanon.

Menteri Keuangan Bezalel Smotrich menyerukan untuk melancarkan serangan terhadap Beirut, dan menggambarkannya sebagai “ibu kota terorisme.”

Mengingat sikap ini, tidak dapat sepenuhnya diabaikan bahwa Netanyahu mungkin memilih untuk melakukan tindakan eskalasi terhadap Lebanon.

Memang benar, pernyataan perdana menteri Israel baru-baru ini menunjukkan bahwa eskalasi yang lebih luas di wilayah utara mungkin sedang direncanakan.

Berbicara saat berkunjung ke markas besar Komando Utara militer Israel, Netanyahu merujuk pada rencana mengejutkan yang dirancang untuk menghadapi Hizbullah, yang bertujuan untuk memulihkan keamanan di utara dan mengembalikan penduduk ke rumah mereka dengan aman tanpa menjelaskan lebih jauh.

Di tengah perkembangan ini, IDF baru-baru ini menyelesaikan latihan yang disimulasikan sebagai serangan darat ke Lebanon.

Serangan besar-besaran Israel di Lebanon dalam waktu dekat juga konsisten dengan penilaian sebelumnya yang dibuat oleh para pejabat AS, yang pada akhir Februari memperkirakan kemungkinan serangan darat ke Lebanon pada akhir musim semi atau awal musim panas.

kemampuan Hizbullah yang semakin meningkat

Tantangan Hizbullah terhadap Israel tampaknya semakin meningkat, mencerminkan kegagalan strategi Tel Aviv saat ini yang mengandalkan serangan udara.

Menurut lembaga Israel Alma, yang memantau perkembangan front Lebanon-Israel, 325 serangan lintas batas dilakukan oleh Hizbullah pada bulan Mei, jumlah serangan bulanan tertinggi di front ini sejak 7 Oktober.

Operasi gerakan perlawanan juga menjadi lebih canggih, memperlihatkan kemampuan yang telah mereka perkenalkan untuk pertama kalinya.

Hizbullah berhasil menghancurkan balon pengintai canggih yang digunakan untuk mendeteksi serangan masuk dalam operasi yang dilakukan melalui drone kamikaze.

Mereka juga telah meningkatkan kemampuan drone-nya, baru-baru ini meluncurkan serangan drone kamikaze ganda di kota utara Hurfeish dan melakukan serangan udara pertamanya melalui UAV bersenjata yang dilengkapi dengan roket S5.

Operasi tersebut menargetkan tentara Israel di pemukiman Metula dan merupakan pertama kalinya pasukan Arab melancarkan serangan udara terhadap Israel.

Baru-baru ini, Hizbullah merilis rekaman pada tanggal 6 Juni yang menunjukkan serangan peluru kendali terhadap platform Iron Dome di barak Ramot Naftali Israel di Galilea.

Apa yang diharapkan dalam perang skala penuh?

Meningkatnya kecanggihan operasi Hizbullah juga dapat dilihat sebagai pemicu urgensi Tel Aviv untuk mengambil tindakan balasan kepada Hizbullah.

Hal ini diungkapkan oleh mantan menteri kabinet perang Israel Benny Gantz, yang menggambarkan front Lebanon sebagai front operasi yang paling signifikan dan mendesak dalam konflik saat ini, dan memperingatkan bahwa “momen kebenaran” sudah dekat.

Namun, apa yang telah ditunjukkan oleh gerakan Lebanon sejak tanggal 7 Oktober juga berfungsi sebagai peringatan mengenai apa yang menanti negara pendudukan jika perang habis-habisan meletus.

Militer Israel diperkirakan akan menggunakan metode yang mirip dengan tahun 2006 yaitu melakukan serangan udara yang merusak terhadap ‘benteng Hizbullah’ di Lebanon selatan, Beirut, dan wilayah Bekaa.

Berbicara kepada The Cradle, pensiunan Brigadir Jenderal Lebanon Elias Farhat menjelaskan:

Tidak ada perang skala penuh yang terbatas. Perang skala penuh harus mencakup seluruh benteng Hizbullah.

Namun, setiap serangan Israel yang setara atau melebihi apa yang terjadi pada tahun 2006 hampir pasti akan ditanggapi, kali ini, dengan tanggapan yang jauh lebih keras dari Hizbullah.

Gerakan Lebanon telah memiliki persenjataan roket dan rudal yang jauh lebih besar, dan diperkirakan terdapat lebih dari 350.000 senjata yang kini mereka miliki.

Mengingat peningkatan kekuatan militer, Hizbullah saat ini dikenal luas sebagai aktor non-negara yang bersenjata paling berat di dunia.

Mungkin yang lebih penting lagi, persenjataannya mencakup rudal presisi seperti Fateh 110, memungkinkannya untuk membidik instalasi strategis Israel yang dapat menyebabkan kerusakan besar.

Dengan latar belakang ini, para ahli Israel telah memperingatkan skenario MAD (Mutually Assured Destruction) jika terjadi perang skala penuh dengan Hizbullah.

Mungkin juga gerakan Lebanon memiliki kemampuan militer yang dapat melemahkan keunggulan kekuatan udara Israel.

Kelompok ini telah menunjukkan kemampuan pertahanan udaranya terhadap drone Israel, setelah berhasil menembak jatuh beberapa UAV ‘Hermes’ dalam konflik saat ini.

Namun, bahaya yang lebih besar bagi Israel adalah kepemilikan pertahanan udara Hizbullah yang mampu menembak jatuh tidak hanya drone tetapi juga pesawat tempur Israel.

Mengingat menguatnya hubungan militer antara Rusia dan Iran, kemungkinan Hizbullah mengakses teknologi antipesawat canggih milik Moskow semakin meningkat.

Gerakan perlawanan telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan rudal permukaan ke udara ke pesawat tempur Israel yang telah menembus penghalang suara dan memaksa pesawat tersebut mundur.

Hal ini menandai perkembangan pertama dalam sejarah peperangan antara Hizbullah dan Israel dan hanya bisa menjadi peringatan atas apa yang mungkin terjadi jika terjadi perang habis-habisan.

Bahwa Hizbullah akan mengungkap senjata-senjata tersebut dalam konflik skala penuh adalah konsisten dengan strateginya dalam menyimpan senjata terbaiknya untuk konfrontasi semacam itu.

Pada tahun 2006, mereka mengejutkan militer Israel dengan menyerang kapal perang dalam serangan rudal.

Israel juga kemungkinan akan menghadapi operasi darat ofensif yang lebih unggul dalam perang skala penuh dengan Hizbullah.

Hizbullah memperoleh pengalaman berharga dalam operasi tersebut saat memerangi kelompok ekstremis di Suriah.

Seperti yang diceritakan Hussein Ibish dari Arab Gulf States Institute kepada The Cradle:

“Kombinasi pejuang darat Hizbullah dan udara Rusia serta sinyal dominasi intelijen adalah  kunci kemenangan Pemerintah Assad di Suriah.”

Mengingat pengalaman ini dan kemampuannya melancarkan serangan udara melalui UAV, Hizbullah kemungkinan besar masih mempertahankan kapasitasnya untuk melancarkan operasi infanteri ofensif – yang terpenting, dengan perlindungan udara.

Keunggulan tenaga kerja dan taktis

Hizbullah juga kemungkinan akan menikmati keuntungan dalam hal sumber daya manusia yang dapat diandalkan, teruji, dan bermotivasi tinggi.

Karena kedekatannya dengan faksi-faksi perlawanan sekutu di Irak dan Yaman, para pejuang dari negara-negara ini kemungkinan besar akan membantu Hizbullah dalam konflik skala penuh dengan Israel.

Sekretaris Jenderal gerakan Lebanon Hassan Nasrallah menyinggung faktor ini dalam pidatonya pada tahun 2017.

Sebaliknya, Israel tampaknya menderita kekurangan tenaga kerja di jajaran militernya, belum lagi kekurangan pasukan dan moral komandan, yang disorot pada hari Minggu dengan pengunduran diri pejabat tinggi militer lainnya, kali ini Komandan Divisi Gaza Brigadir Jenderal Avi Rosenfeld .

Pertahanan Israel juga kemungkinan besar tidak akan berhasil ketika menghadapi serangan rudal dan drone Hizbullah dalam jumlah besar.

Berbeda dengan serangan balasan Iran pada 13 April, di mana AS dan sekutunya menembak jatuh sebagian besar drone dan rudal yang masuk, serangan serupa yang diluncurkan oleh Hizbullah akan jauh lebih sulit untuk diatasi.

Jarak geografis yang lebih dekat berarti lebih sedikit waktu untuk mencegat dan menembak jatuh serangan tersebut.

Hizbullah, yang sangat mengandalkan unsur kejutan dalam taktik militernya, juga pasti tidak akan mengirimkan serangannya terlebih dahulu seperti yang dilakukan Iran.

Akibatnya, Israel kemungkinan besar akan tetap terkena serangan besar-besaran melalui rudal permukaan-ke-permukaan, drone kamikaze, dan serangan udara melalui UAV.

Selain itu, perlawanan Lebanon telah menghabiskan waktu berbulan-bulan tanpa kenal lelah untuk melumpuhkan “mata dan telinga” Israel di wilayah utara, dan dilaporkan menghancurkan lebih dari 1.650 peralatan intelijen, pengawasan, dan akuisisi target (ISR) sejak awal konflik.

Israel semakin beroperasi secara membabi buta di kawasan penting di utara tersebut, sehingga memungkinkan Hizbullah untuk berulang kali dan berhasil menyerang sasaran kualitatif, melakukan penetrasi lebih dalam ke wilayah pendudukan, dan menggunakan persenjataan yang lebih canggih.

Bagaimana reaksi Amerika Serikat?

Meskipun kemungkinan besar AS akan terburu-buru membela sekutunya, Israel, pertanyaan yang lebih besar adalah seberapa jauh AS bersedia melakukan tindakan tersebut.

Seperti disebutkan di atas, langkah-langkah defensif sepertinya tidak akan secara signifikan melemahkan operasi rudal dan drone lintas batas Hizbullah.

Dilihat dari pendekatannya setelah serangan Iran terhadap Israel, Washington sepertinya tidak akan memberikan dukungan lebih dari sekedar dukungan defensif.

Setelah Operasi Janji Sejati, Gedung Putih dilaporkan memberi tahu Tel Aviv bahwa mereka tidak akan mengambil bagian dalam tindakan ofensif apa pun terhadap Teheran.

Kondisi ini tentu membuat dilematis Tel Aviv. Mereka mungkin mudah masuk tapi pasti sulit keluar.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek