FAO: Harga Pangan Global Naik 0,9 Persen pada Mei 2024 - IDX Channel

 

FAO: Harga Pangan Global Naik 0,9 Persen pada Mei 2024

Harga pangan dunia rata-rata naik pada Mei 2024. Kenaikan harga serealia seperti gandum dan jagung mengimbangi penurunan harga gula dan minyak nabati.

FAO: Harga Pangan Global Naik 0,9 Persen pada Mei 2024. (Foto: MNC Media)

FAO: Harga Pangan Global Naik 0,9 Persen pada Mei 2024. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Harga pangan dunia rata-rata naik pada Mei 2024. Kenaikan harga serealia seperti gandum dan jagung mengimbangi penurunan harga gula dan minyak nabati.

Dilansir dari Reuters pada Jumat (7/6/2024), indeks harga pangan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mencapai 120,4 poin bulan lalu, naik 0,9% dibandingkan bulan sebelumnya. Ini merupakan kenaikan ketiga secara berturut-turut.

Harga serealia naik 6,3% dibandingkan bulan sebelumnya, meskipun turun 8,2% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Harga semua jenis serealia utama meningkat sebulan ke belakang. Gandum mengalami kenaikan tertinggi di tengah hambatan produksi di Eropa dan Amerika Utara.

Harga jagung juga meningkat karena hambatan produksi di Argentina dan Brazil, serta turunnya aktivitas pertanian di Ukraina.

Di sisi lain, harga minyak nabati turun 2,4% dibandingkan bulan sebelumnya, namun masih naik 7,7% jika dibandingkan peiode yang sama tahun lalu.

Penurunan harga gula sebagian besar disebabkan oleh penurunan harga minyak sawit yang melampaui kenaikan harga minyak kedelai, rapeseed, dan bunga matahari.

Selain itu, harga gula juga turun 7,5% dibandingkan bulan lalu atau 25,5% dibandingkan periode serupa setahun sebelumnya. Hal ini mencerminkan musim panen yang baik di Brasil. (WHY)

Baca Juga

Komentar