Plt Kepala OIKN Sebut Tak Ada Perampasan Lahan Rakyat di IKN - IDX Channel,

 

Plt Kepala OIKN Sebut Tak Ada Perampasan Lahan Rakyat di IKN

Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono menegaskan tidak ada isu perampasan lahan milik rakyat di ibu kota baru

Plt Kepala OIKN Sebut Tak Ada Perampasan Lahan Rakyat di IKN. (Foto: MNC Media)

Plt Kepala OIKN Sebut Tak Ada Perampasan Lahan Rakyat di IKN. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menegaskan tidak ada isu perampasan lahan milik rakyat di ibu kota baru. Proses pembangunan IKN dinilainya dilakukan sesuai aturan.

 “Perampasan apa? Apa itu perampasan? Nggak ada (perampasan), nggak ada istilah itu,” ujar Basuki di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Pernyataan itu disampaikan Basuki saat ditanya awak media soal dugaan adanya perampasan lahan di IKN. Hal tersebut berdasarkan protes dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti Jaringan Advokasi Tambang (JATAM).

Basuki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu mengaku baru mendengar isu adanya perampasan di Penajam Pasar Utara (PPU), Kalimantan Timur yang menjadi lokasi IKN.

“Lho bukan membantah. Saya nggak mengerti itu. Nggak ada istilah perampasan,” katanya.

Sebagai pejabat sementara, Basuki mendapatkan tugas dan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak mengabaikan hak-hak masyarakat lokal.  “Arahannya Pak Presiden itu utamakan kepentingan masyarakat.” ucapnya.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno juga tak sepakat dengan istilah perampasan lahan di IKN.  “Itu istilah baru yang mengerikan,” katanya.

(RFI)

Baca Juga

Komentar