Pilihan

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Disertai Gemuruh Keras, Warga Diminta Waspada - inews

 

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Disertai Gemuruh Keras, Warga Diminta Waspada - Bagian all

FLORES TIMUR, iNews.id - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pada Senin (3/6/2024) pukul 09:21 WITA. Saat erupsi berlangsung terdengar juga gemuruh begitu keras hingga radius beberapa kilometer.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara 9 menit 28 detik.

Kepala Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Gunungg Lewotobi Laki-Laki di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang Herman Yosep mengatakan, erupsi tersebut memuntahkan kolom abu namun ketinggiannya tidak teramati.

Masyarakat yang bermukim di sekitar gunung api diimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah aktif serta sektoral 3 km arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.

Masyarakat sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki juga diharapkan untuk tetap tenang namun waspada, terutama terhadap potensi hujan abu yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari.

"Masyarakat yang terdampak hujan abu vulkanis diimbau selalu menggunakan masker atau penutup hidung dan mulut untuk menghindari bahaya pada sistem pernapasan," ujar Yosep, Senin (3/6/2024).

Menurutnya, PVMBG akan terus memantau perkembangan aktivitas vulkanis dan akan memberikan update berkala kepada publik. Kemudian berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Masyarakat diharapkan mengikuti arahan pemerintah dan tidak menyebarkan informasi tidak resmi yang dapat menimbulkan kepanikan," katanya.

Diketahui, Gunung Lewotobi Laki-Laki sehari sebelumnya juga mengalami erupsi yang memuntahkan kolom abu setinggi 900 meter di atas puncak, Minggu (2/6/2024). Hingga pagi ini, erupsi masih terjadi dan warga tetap bertahan di rumah menunggu arahan Pemda Flotim.

Copyright ©2024 iNews.id. All Rights Reserved

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek