Pilihan

KPK Lakukan Berbagai Cara Temukan Harun Masiku, Klaim Tak Pernah Diam - inews

 

KPK Lakukan Berbagai Cara Temukan Harun Masiku, Klaim Tak Pernah Diam - Bagian All

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan, masih terus mencari buronan kasus korupsi Harun Masiku. KPK mengklaim tidak berdiam diri atas hilangnya eks caleg PDIP itu.

Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu mengatakan, penyidik telah melakukan berbagai cara untuk menemukan Harun. Termasuk pergi ke luar negeri.

"Kami pergi ke sebuah negara tetangga kita, ada informasi dia (Harun) jadi marbot, kami cari ke tempat tersebut. Ada informasi juga dia di gereja, kami cari ke tempat tersebut. Ada yang melihat di suatu daerah, kami juga turunkan tim ke sana untuk mengecek," kata Asep, dikutip Rabu (26/6/2024).

"Jadi selama ini tidak didiamkan perkara tersebut," ujar Asep.

Asep menyerukan kepada Harun Masiku agar segera menyerahkan diri ke KPK. Tujuannya agar proses penanganan perkara tidak semakin panjang.

"Kalau memang dengar, nonton, ya sudahlah datang ke sini, atau bisa menghubungi siapa pun," ucap Asep.

Harun Masiku merupakan mantan calon legislatif (caleg) asal PDI Perjuangan (PDIP) yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Harun menjadi tersangka kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR.

Harun ditetapkan tersangka bersama tiga orang lainnya, yakni mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan; mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina; serta pihak swasta, Saeful.

Harun Masiku berhasil lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Dia melarikan diri saat tim KPK hendak menangkapnya. Dia kemudian ditetapkan sebagai buronan KPK pada Januari 2020.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek