PDIP Tegaskan Belum Resmi Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI - inews

 

PDIP Tegaskan Belum Resmi Usung Anies Baswedan di Pilgub DKI

JAKARTA, iNews.id -  PDIP menegaskan hingga saat ini belum resmi mengusung nama Anies Baswedan untuk maju pada ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. Nama-nama dari kader internal akan diutamakan terlebih dahulu.

"Belum (resmi mengusung Anies Baswedan maju Pilgub DKI Jakarta)," ujar Juru Bicara PDIP Chico Hakim, Minggu (23/6/2024).

Lebih lanjut Cicho menjelaskan masih banyak internal partai yang cocok untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

"Masih ada lagi yang lain (akan diusung maju Pilgub DKI Jakarta). Utamanya di internal (partai)," ujarnya.

Meski demikian, Cicho mengaku saat ini partainya sudah menyiapkan beberapa nama-nama kader PDIP yang punya potensi kuat bertarung dalam Pilgub DKI Jakarta yang akan diselenggarakan tahun ini. 

Misalnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, Djarot, Prasetyo Edy Marsudi, Charles Honoris, hingga mantan Panglima TNI Andika Perkasa. 

Nama-nama tersebutlah, yang kemudian bakal didiskusikan dengan partai politik (parpol) lainnya, baik untuk menjaring koalisi hingga penggalangan dukungan mensukseskan kontestasi politik di Jakarta. Termasuk komunikasi dengan PKS sendiri. 

"Yang kemudian akan kita kombinasikan calon internal kita dengan calon yang diusung parpol lain. Yang kemudian akan kita kombinasikan calon internal kita dengan calon yang diusung parpol lain," tuturnya. 


Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta telah mengirimkan surat rekomendasi berisi nama-nama bakal calon gubernur Jakarta 2024-2029 ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) DPP untuk diputuskan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.
Salah satu nama yang direkomendasikan untuk diusung oleh PDIP di Pilgub Jakarta 2024 adalah mantan gubernur DKI periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring termasuk Anies. Surat sudah dikirim sebelum Rakernas DPP. Puncaknya disampaikan secara masal waktu Rakernas Partai yang kemarin," ujar Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Pantas Nainggolan, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga

Komentar