Pilihan

Sosok Melan Achmad, Mbah Guru yang Viral Mengajar Matematika Gratis di "Live" Tiktok Halaman all - Kompas

 

Sosok Melan Achmad, Mbah Guru yang Viral Mengajar Matematika Gratis di "Live" Tiktok Halaman all - Kompas

PURWOREJO, KOMPAS.com - Ruang tamu berukuran 4x3 meter dengan tiga papan tulis yang menempel di dinding menjadi saksi betapa telatennya Melan Achmad (78), mengajar Matematika secara online.

Melan Achmad merupakan sosok TikToker yang dikenal dengan Mbah Guru Matematika. Melalui akun TikToknya @binaprestasiswa, dia rutin memberikan les matematika gratis secara live. 

Baca juga: Sosok Tri Adinata, Guru Musik di Medan yang Menangis Haru Saat Disambangi Alan Walker

Aksinya tersebut viral di media sosial atau sering muncul di FYP (for your page) TikTok. Tak sedikit pengguna TikTok yang memberikan apresiasi terhadap Mbah Melan. 

"Sehat selalu Mbah," tulis akun @Ac**

"Mbahh..sehat2 yaa. Terima kasih terus berbagi ilmu, mudah2an jadi amal yang terus mengalir sampai akhir zaman mbah.. terima kasih banyak," tulis akun @Wonu**

"Semangat ya mbah makasih ilmunya mbak," tulis akun @Bubble**

Melan Achmad (78) atau Mbah Guru, Tiktoker Lansia yang mengajar Matematika live

Lihat Foto

Saat ini TikTok Mbah Guru, sapaan akrabnya sudah memiliki 651.000 pengikut. Bahkan, jumlah

like 

-nya mencapai 5,3 juta.

Meski mengajar secara online, Mbah Guru berpenampilan seperti seorang guru di kelas. Pensiunan guru itu memang tampak selalu rapi saat mengajar live . 

Penampilannya yang rapi itu tak jauh berbeda saat Kompas.com berkunjung ke rumahnya di Kelurahan Pangenjurutengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Mbah Guru mengenakan kemeja biru dan celana abu-abu. 

Dia menunjukkan ruang tamu yang disulap sebagai tempatnya mengajar secara online. Selain papan tulis, terlihat juga tumpukan buku matematika dan piala yang berjejer. 

Di usianya yang tak muda lagi, Mbah Guru memang masih semangat berbagi ilmu. Dia mengajar matematika di TikTok setiap hari dengan dua sesi. 

Sesi pertama live yakni pukul 16.00-17.30 WIB. Sementara sesi kedua pada pukul 19.30-21.00 WIB. 

Pensiun di tahun 2003 lalu, Mbah Guru sebenarnya ingin mendirikan sebuah tempat bimbingan belajar atau bimbel. Namun, kata dia, fasilitasnya tidak mencukupi. 

Dia sempat memberi les matematika dengan merekam video tapi tak efektif. Akhirnya, dia memutuskan menggunakan live TikTok. 

"Semula mau mendirikan bimbingan belajar (bimbel) tapi sarana tidak mencukupi. Terus memilih video rekam tapi di situ video perkembangannya sangat lambat. Sekarang muncul ide baru untuk live TikTok," kata Mbah Guru saat ditemui di kediamannya, Jumat (7/6/2024).

Mbah Guru mengajar matematika untuk berbagai tingkatan. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, dan bahkan untuk seleksi CPNS.

Mbah Guru mengaku ada sejumlah kesulitan saat mengajar live. Salah satunya saat mati listrik atau ketika pulsa habis. 

"Saya memang hobi dengan matematika. Kesulitan ada. misal waktu live lampu mati, pulsa habis, terus tinta habis. Harus dipersiapkan tinta, kemudian HP-nya harus sudah sip. kemudian soal-soal dibahas dulu karena penonton dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri," tuturnya. 

Ia juga sering membagikan tips dan trik belajar matematika yang bermanfaat bagi para pengikutnya di TikTok. Pengalaman sebagai guru matematika selama 33 tahun menjadi modal utama Mbah Guru untuk berbagi ilmu dan membantu anak-anak belajar.

Gayanya yang humoris dan penjelasannya yang mudah dipahami membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti live TikToknya. Selain itu, materi matematika yang lengkap dan beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengikutnya.

Baca juga: Kisah Warga Raja Ampat, Jaga Terumbu Karang di Tengah Ancaman Bom Ikan

Keikhlasan Mbah Melan dalam mengajar menarik perhatian banyak orang. Sehingga, tak jarang pengikutnya yang memberikan gift atau hadiah kepada Mbah Melan saat live.

Satu-satunya keinginan Mbah Melan adalah melanjutkan pengabdiannya sebagai guru dan melihat generasi muda sukses. 

"Saya ingin anak-anak Indonesia memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni dan dapat membangun bangsa ini dengan lebih baik," ungkapnya.

Dibantu menantu

Mei Karina merupakan sosok yang menyarankan Mbah Melan membuat video edukasi hingga mengajar di live Tiktok. Mei Karina merupakan menantu Mbah Melan. 

Dia mengatakan metode live TikTok dipilih karena lebih simpel dan mudah dilakukan.

"Saya menyarankan bikin video. saya main tiktok juga. Saya pikir apa Mbah live aja ya, sharing ilmu bakal rame kayaknya. Pertama yang nonton dua, tiga orang, terus setelah itu naik terus," kata Mei.

Baca juga: Kisah Satu Keluarga Derita Sakit Jiwa di Pelosok Manggarai Barat NTT

"Mbah Kakung itu ga mau diem jadi walaupun saat ini sudah pensiun. Beliau buka buku tiap hari," tambah Mei

Mei mengatakan keluarga selalu mendukung apapun yang membuat Mbah Melan Bahagia. Kata dia, keluarga juga bangga dengan dedikasi Mbah Melan dalam dunia pendidikan. 

"Kami bangga dengan dedikasi Mbah Melan dalam dunia pendidikan dan berharap Mbah Melan selalu sehat dan panjang umur," kata Mei

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek